Mudahnya Cek Nomor BPJS Hanya dengan Menggunakan NIK - Cuma Berbagi

Mudahnya Cek Nomor BPJS Hanya dengan Menggunakan NIK

Mudahnya Cek Nomor BPJS Hanya dengan Menggunakan NIK
(Image source: tirto.id)

Cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK yang ada di KTP ini sangat penting untuk Anda ketahui. Cara yang satu ini bisa dibilang merupakan cara yang sangatlah praktis dan juga mudah jika Anda ini membutuhkan nomornya secara tiba-tiba. Nomor BPJS ini akan selalu Anda butuhkan jika Anda menggunakam sesuatu yang berhubungan dengan BPJS. 

Salah satunya jika Anda ingin melakukan pencairan uang jaminan hari tua atau bisa disingkat JHT. Di dalam formulir pengajuan Anda ini harus menuliskan nomor BPJS Anda. Tapi bagaimana ya jika nomor BPJS Anda ini sudah terlanjur hilang? Jika hal tersebut terjadi Anda tentu tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa mengetahui nomornya dengan banyak cara. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Cek dari call center BPJS

Pertama Anda bisa mengeceknya langsung dari call center BPJS. Panggilan yang satu ini Anda akan di kenakan tarif telepon biasa. Caranya mudah, Anda bisa menghubungi di nomor 175. Jika sudah Anda akan langsung terhubung dengan Call center.

2. Media sosial BPJS

Pilihan kedua, Anda bisa cek nomor BPJS Anda dengan menghubungi BPJS dari media social yang mereka punya. Carilah media sosial resmi mereka kemudian Anda bisa mengubunginya melalu DM. Selain itu Anda juga bisa menghubungi BPJS dengan nomor WA di nomor +62 811-9115910 dan +62 855-1500910. Tapi untuk layanan WA ini masih sangat terbatas, apalagi untuk pengguna BPJS yang termasuk TKI ( tenaga kerja migran Indonesia) yang dari luar negri.

3. Menggunakan SMS gateway

Layanan yang satu ini adalah layanan informasi dua arah yang disampaikan dengan menggunakan pesan singkat. Layanan SMS yang satu ini bisa Anda akses dengan menggunakan nomor 08777-5500-400. Layanan SMS yang satu ini juga menyediakan berbagai informasi untuk pesertanya dari kanal komunikasi yang sangar ramah dan tentunya mudah untuk para penggunanya. Adapun cara mengecek nomor BPJS menggunakan NIK dengan SMS ini caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengetik NIK spasi masukan nomor kependudukan Anda contohnya adalah “NIK 357303030987”, kemudian Anda tinggal mengirimkan SMS tersebut ke nomor 087775500400. Jika sudah tunggu hingga pesan Anda dibalas.

4. Mendatangi kantor cabang BPJS

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan bagi Anda yang memang punya cukup waktu untuk bisa langsung datang ke kantor BPJS yang ada di sekitar rumah Anda. Untuk mengetahui nomor BPJS, Anda ini hanya tinggal datang ke kantornya dengan membawa e-KTP, kartu keluarga, dan juga surat paklaring, yaitu sebuah surat yang harus Anda bawa sebagai bukti jika Anda ini masih bekerja di sebuah perusahaan. Jika sudah, Anda bisa langsung menyampaikan apa tujuan Anda kepada petugas yang bekerja di sana. Nanti petugas akan membantu Anda hingga semua kebutuhan Anda akan terpenuhi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek nomor BPJS ketenagakerjaan hanya dengan menggunakan NIK saja. Setelah Anda tahu nomor dari BPJS ketenagakerjaan ini, Anda bisa tahu status Anda, apakah aktif atau sudah tidak termasuk kedalam keanggotaan. Untuk tahu hal itu, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi yang namanya JMO jam sostek mobile gang memang sudah disediakan langsung oleh kementerian ketenagakerjaan. Terimakasih ya sudah menyimak artikel ini hingga selesai, semoga bermanfaat!


0 Tanggapan untuk " Mudahnya Cek Nomor BPJS Hanya dengan Menggunakan NIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel