Iman Kepada Kitab-Kitab Allah - Cuma Berbagi

Iman Kepada Kitab-Kitab Allah


A.   Fungsi Iman kepada Kitab-Kitab Allah
Maksud iman kepada kitab-kitab Allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-Nya. Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya. 
RISALAH, Mushaf adalah kumpulan ayat-ayat Al Quran yang berbentuk lembaran-lembaran kertas yang berjilid sebagaimana mushaf Al Quran saat ini. Pada awalnya, ayat-ayat Al Quran dihapal dan ditulis pada pelepah-pelepah kurma, daun, dan tulang. Proses penyalinan dan pengumpulan lembaran tersebut dilakukan oleh Zaid bin Sabit atas perintah Khalifah Abu Bakar As Siddik. 
Ada empat macam kitab yang wajib kita yakni, yaitu Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Al Quran ini merupakan kitab terakhir yang dijamin oleh Allah keasliannya sebagaimana dinyatakan dalam firman Allah.

Artinya: "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (QS Al Hijr: 9).

Selain kitab-kitab tersebut Allah juga menurunkan suhuf, yaitu lembaran-lembaran yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Musa a.s. Hal tersebut dinyatakan dalam firman Allah swt.

Artinya: "(Yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa." (QS Al A’la: 19).


Pada pokoknya, isi dari kitab-kitab tersebut memiliki kesamaan, yaitu mengajak manusia untuk bertauhid. Artinya, menyembah kepada Tuhan yang Maha Esa, yakni Allah swt. dan dilarang menyekutukan-Nya. Allah menurunkan kitab-kitab kepada para rasul-Nya dengan tujuan agar menjadi pedoman hidup manusia dalam berhubungan dengan Allah, dirinya sendiri, sesama manusia, maupun dengan alam sekitarnya. Oleh karena itu, kitab-­kitab tersebut mempunyai fungsi sebagai berikut. 
Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Allah Allah menciptakan manusia dengan tujuan agar manusia menghambakan diri dan menyembah kepada-Nya merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar lagi sebagaimana firman Allah swt


Artinya: "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku." (QS Az Zariyat: 56)

Apabila manusia tidak ingin diliputi oleh rasa hina dan kemerosotan martabat, maka hendaknya ia selalu berpegang teguh pada tali Allah, yaitu dengan cara mempelajari kitab suci (Al Quran) dan memedomaninya dalam rangka mengamalkan ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari Al Quran, manusia juga akan mampu memiliki kontak kepada Allah, baik secara langsung, misalnya melalui salat, zakat, puasa, atau haji (hal ini disebut ibadah mahdah), maupun tidak langsung, seperti dengan kegiatan muamalah, pemanfaatan lingkungan, atau kemasyarakatan (hal ini disebut ibadah ghairu mahdah). Firman Allah swt.


Artinya: “Katakanlah (hai orang-orang mukmin), 'Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya'qub, dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun di antara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya.” (QS Al Baqarah: 136). 

Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Dirinya Sendiri Manusia berkewajiban untuk menjaga dirinya agar selamat di dunia dan akhirat dengan cara menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Hal tersebut diterangkan dalam Al Quran.



Artinya: “Hai Nabi, perangilah orang- orang kafir dan orang-orang munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah Neraka jahanam dan itu adalah seburuk-buruk tempat kembali." (QS At Tahrim: 9).
Pada zaman yang serba super canggih ini, banyak manusia yang lupa terhadap dirinya sendiri, bahkan tidak sedikit yang mengingkari asal kejadiannya sehingga akhirnya menjadi sombong, ingkar, dan tidak mau mengakui bahwa dirinya berasal dari setetes air. Hal ini terjadi karena ia belum meresapi hakikat keimanan yang sesungguhnya. 

Allah swt. berfirman.





Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul­-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh jauhnya." (QS An Nisa: 136).

Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Sesama Manusia Allah menciptakan manusia dari suku bangsa yang berbeda-beda dengan tujuan agar saling mengenal dan tolong-menolong, tidak saling bermusuhan dan Baling mencemooh karena kesombongan mereka. Di hadapan Allah, manusia yang paling mulia adalah manusia yang paling bertakwa kepada-Nya. Sebagaimana dinyatakan dalam firman-Nya.

Artinya: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS Al Hujurat: 13).

Di dunia ini, manusia tidak mungkin hidup sendirian, is pasti butuh bantuan orang lain. Bentuk kerja sama dalam pergaulan tersebut (sering disebut muamalah) membutuhkan adanya saling pengertian, saling menghargai, dan saling menghormati. Tentu saja dalam hal ini dibutuhkan adanya tuntunan yang berasal dari wahyu Allah yang dibawa oleh para rasul-Nya untuk menjadi pedoman hidup antara manusia dengan sesamanya. 

Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Alam Adanya kitab yang diturunkan oleh Allah swt. kepada para rasul-Nya juga memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya, yaitu untuk menjadi pedoman manusia dalam mengatur, mengelola, dan memanfaatkan alam atau lingkungan karena sesungguhnya mereka diciptakan juga untuk kesejahteraan manusia. Oleh karena itu, manusia wajib menjaga alam dari kerusakan dan harus menjaga kelestariannya. 

Allah swt berfirman.

Artinya: “Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS Al Anbiya: 107).
DISKUSI Kitab suci yang diturunkan kepada para rasul, khususnya Al-Quran berfungsi agar manusia dapat berhubungan dengan Allah, dirinya sendiri, sesama manusia, dan sesama makhluk. Berdasarkan hal tersebut, apakah Anda telah merasakan fungsi Al Quran dalam kehidupan Anda? Berapa kalikah dalam sehari Anda membaca atau mengkajinya?

Uraikanlah jawabannya!
B.   Dalil Naqli dan Aqli tentang Fungsi Iman kepada kitab Allah Iman kepada kitab Allah adalah kewajiban bagi setiap muslim dan merupakan salah satu rukun iman yang menjadi fundamen seseorang untuk beriman kepada Allah rasul-rasul-Nya. Firman Allah.

Artinya: "Katakanlah (hai orang-orang mukmin), "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, lsmail, dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorang pun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya." (QS Al Baqarah: 136). 

Allah berfirman


Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada kitab-kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka orang itu telah sesat sejauh jauhnya."(QS An Nisa: 136).


Beriman kepada kitab-kitab dan suhuf berarti beriman kepada para rasul yang telah diutus Allah kepada umat yang terdahulu dengan tidak membedakan satu sama lain. Beriman kepada kitab merupakan sikap orang-orang yang bertakwa, orang, beriman, pewaris para nabi, pewaris ajaran-ajaran Allah, baik orang-orang terdahulu, masa sekarang, atau sampai akhir zaman. Sikap itu akan menimbulkan rasa kebersamaan diri setiap muslim bahwa mereka adalah umat yang satu karena agama mereka yaitu Islam. Tuhan yang mereka sembah adalah Allah yang Maha Esa, Maha Pengasih lagi Penyayang. Sikap itu juga akan menghilangkan sifat sombong dan perasaan yang berlebih-lebihan pada diri setiap muslim.

 DISKUSI Menurut Anda, apakah kitab suci yang ada saat ini masih asli dan diajarkan oleh rasul-rasul Allah? Jelaskanlah cara menyikapinya beserta alasan-alasannya!

C.   Tanda Penghayatan terhadap Kitab Allah Untuk menghayati terhadap kitab-kitab Allah perlu tahapan-tahapan sebagai berikut: 
1.    Kita harus bisa membaca Al Quran dengan segala hikmahnya. 
2.    Harus mengetahui dan memahami filosofi Islam sebagai agama yang diridai Allah swt. 3.    Kita harus mengetahui bahwa di dalam Al Quran banyak sekali terdapat surah atau ayat yang mengandung atau berupa perumpamaan. 
4.    Dalam Al Quran banyak sekali ayat yang mengandung hikmah atau tidak bisa diartikan secara langsung, tetapi memiliki arti yang tersirat yang harus dikaji secara lebih mendalam. 
5.    Al Quran diturunkan tidak untuk menyusahkan manusia sehingga ayat-ayat yang lebih mudah dan tegas memiliki prioritas untuk segera dilaksanakan. 
6.    Ayat Al Quran terbagi menjadi dua macam, pertama adalah ayat muhkamat, yaitu ayat-ayat yang tegas, jelas maksudnya, dan mudah dimengerti sehingga ayat ini harus segera dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, ayat mutasyabihat, yaitu ayat-ayat yang sulit dimengerti dan hanya Allah yang mengetahui maksudnya. 
7.    Menjalankan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari sesuai kemampuan masing-masing.

TUGAS Amir belum bisa membaca Al Quran, lalu ia mengikuti kegiatan ekstra kurikuler di sekolahnya. Karena waktunya sangat sedikit, yaitu seminggu sekali, maka ia minta bantuan temannya untuk mengajari belajar membaca Al Quran. Berikanlah pendapat Anda untuk mencari jalan agar Amir segera bisa mengaji!



IJTIMA Iman kepada kitab-kitab Allah adalah meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-­Nya. Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya. 

Ada empat macam kitab yang wajib kita yakini, yaitu Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dan merupakan kitab terakhir yang dijamin oleh Allah keasliannya. Selain kitab-kitab tersebut Allah juga menurunkan suhuf, yaitu lembaran-lembaran yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Musa a.s. 

Kitab mempunyai fungsi antara lain sebagai pedoman hidup manusia dalam berhubungan dengan Allah, dengan dirinya sendiri, dengan sesama manusia, dan dalam berhubungan dengan alam.

64 Tanggapan untuk "Iman Kepada Kitab-Kitab Allah "

  1. Nama: Anjani Dwi fitriastuti
    No: 02
    Kelas:XI IPS 2
    Tanggapan saya kita sebagai umat
    Islam belum cukup beriman kepada kitab-kitab Allah swt saja, tetapi harus senantiasa membaca, mempelajari dan memahami isi kandungannya.

    Sehingga kita tahu aturan-aturan dalamnya untuk selanjutnya kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  2. Nama : Tiara Elfina
    Kelas : XL ips 2
    No. A : 29

    Rangkuman : 1.Iman Kepada Kitab-Kitab Allah

    A. Fungsi Iman kepada Kitab-Kitab Allah Maksud iman kepada kitab-kitab Allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-Nya. Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya. RISALAH, Mushaf adalah kumpulan ayat-ayat Al Quran yang berbentuk lembaran-lembaran kertas yang berjilid sebagaimana mushaf Al Quran saat ini. Pada awalnya, ayat-ayat Al Quran dihapal dan ditulis pada pelepah-pelepah kurma, daun, dan tulang. Proses penyalinan dan pengumpulan lembaran tersebut dilakukan oleh Zaid bin Sabit atas perintah Khalifah Abu Bakar As Siddik

    empat macam kitab yang wajib kita yakni, yaitu Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Al Quran ini merupakan kitab terakhir yang dijamin oleh Allah keasliannya sebagaimana dinyatakan dalam firman Allah.
    isi dari kitab-kitab tersebut memiliki kesamaan, yaitu mengajak manusia untuk bertauhid. Artinya, menyembah kepada Tuhan yang Maha Esa, yakni Allah swt. dan dilarang menyekutukan-Nya. Allah menurunkan kitab-kitab kepada para rasul-Nya dengan tujuan agar menjadi pedoman hidup manusia dalam berhubungan dengan Allah, dirinya sendiri, sesama manusia, maupun dengan alam sekitarnya.
    Iman kepada kitab-kitab Allah adalah meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-­Nya. Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya.
    Ada empat macam kitab yang wajib kita yakini, yaitu Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dan merupakan kitab terakhir yang dijamin oleh Allah keasliannya. Selain kitab-kitab tersebut Allah juga menurunkan suhuf, yaitu lembaran-lembaran yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Musa a.s.

    ReplyDelete
  3. Nama:rista anjarwati
    Kelas:XI ips2

    Iman kepadA kitab kitab allah adalah menyakini dengan sepenuh hatinya bawa allah telah menurunkan kitab kitabnya kepada rusul nyautnya disampaikan kepada umat pendomanya hidup bagi umat manusia agar bisa merai kebahagiananya didunia dan di akhirat

    ReplyDelete
  4. Nama: Diyanty Puspitasari
    No :05
    Kelas : XI ips2
    Maksud iman kepada kitab-kitab Allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-Nya. Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya. RISALAH, Mushaf adalah kumpulan ayat-ayat Al Quran yang berbentuk lembaran-lembaran kertas yang berjilid sebagaimana mushaf Al Quran saat ini. Pada awalnya, ayat-ayat Al Quran dihapal dan ditulis pada pelepah-pelepah kurma, daun, dan tulang. Proses penyalinan dan pengumpulan lembaran tersebut dilakukan oleh Zaid bin Sabit atas perintah Khalifah Abu Bakar As Siddik. Ada empat macam kitab yang wajib kita yakni, yaitu Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.

    ReplyDelete
  5. Nama:Esa Septian Ananda
    No:06
    Kls:XI IPS 2

    Fungsi Al Quran Bagi saya yaitu:

    1. Sebagai petunjuk jalan yang lurus

    2. Merupakan mukjizat bagi Nabi Muhammad SAW

    3. Menjelaskan kepribadian manusia

    4. Merupakan penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya.

    5. Menjelaskan masalah yang pernah diperselisihkan umat sebelumnya.

    6. Al-Quran memantapkan iman Islam

    7. Tuntunan dan hukum untuk menjalani kehidupan

    8.Sebagai penenang hati

    ReplyDelete
  6. Nama : Nurul Fauziah
    No : 019
    Kelas :XI IPS 2

    Rangkuman 1.Fungsi Iman kepada Kitab-Kitab Allah.
    iman kepada kitab-kitab Allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-Nya. pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya.
    Ada empat macam kitab yang wajib kita yakni, yaitu Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.dinyatakan dalam firman Allah.
    Yang Artinya: "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (QS Al Hijr: 9).
    Allah juga menurunkan suhuf, yaitu lembaran-lembaran yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Musa a.s. dinyatakan dalam firman Allah swt. Yang Artinya: "(Yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa." (QS Al A’la: 19).
    isi dari kitab-kitab tersebut memiliki kesamaan, yaitu mengajak manusia untuk bertauhid. Artinya, menyembah kepada Tuhan yang Maha Esa, yakni Allah swt. dan dilarang menyekutukan-Nya.

    kitab-­kitab tersebut mempunyai fungsi sebagai berikut. Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Allah Allah menciptakan manusia dengan tujuan agar manusia menghambakan diri dan menyembah kepada-Nya merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar lagi sebagaimana firman Allah swt yang Artinya: "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku." (QS Az Zariyat: 56)
    Rangkuman 2. Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Dirinya Sendiri Manusia berkewajiban untuk menjaga dirinya agar selamat di dunia dan akhirat dengan cara menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Hal tersebut diterangkan dalam Al Quran. Artinya: “Hai Nabi, perangilah orang- orang kafir dan orang-orang munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah Neraka jahanam dan itu adalah seburuk-buruk tempat kembali." (QS At Tahrim: 9). Pada zaman yang serba super canggih ini, banyak manusia yang lupa terhadap dirinya sendiri, bahkan tidak sedikit yang mengingkari asal kejadiannya sehingga akhirnya menjadi sombong, ingkar, dan tidak mau mengakui bahwa dirinya berasal dari setetes air. Hal ini terjadi karena ia belum meresapi hakikat keimanan yang sesungguhnya. Allah swt. berfirman. Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul­-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh jauhnya." (QS An Nisa: 136).

    ReplyDelete
  7. Nama: Siti Nur Azizah
    Kelas : XI IPS 2
    No.Absen: 27

    Memberi tanggapan/komentar tentang iman - iman kepada kitab -kitab Allah,
    •Rangkuman
    1.) Menurut saya,yang dimaksud iman kepada kitab-kitab Allah adalah meyakini dengan sepenuh hatibahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada rasul-rasul-Nyauntuk disampaikan kepada umatnya sebagai pedoman hidup (petunjuk) bagi umat manusia supaya dapat meraih kebahagian di dunia dan di akhirat.
    2.) Iman kepada kitab Allah harus mencakup empat perkara :

    Pertama: Mengimani bahwa turunnya kitab-kitab Allah benar-benar dari sisi Allah Ta’ala.

    Kedua: Mengimani nama-nama kitab yang kita ketahui namanya seeprti Al Quran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa ‘alaihis salaam, Injil yang diturunkan kepada Nabi ‘Isa ‘alaihis salaam, dan Zabur yang diturunkan kepada Nabi Dawud ‘alaihis salaam. Sedangkan yang tidak kita ketahui namanya, kita mengimaninya secara global.

    Ketiga: Membenarkan berita-beritanya yang benar, seperti berita mengenai Al Quran, dan berita-berita lain yang tidak diganti atau diubah dari iktab-kitab terdahulu sebelum Al Quran.

    Keempat: Mengamalkan hukum-hukumnya yang tidak dihapus, serta ridho dan tunduk menerimanya, baik kita mengetahui hikmahnya maupun tidak. (Syarh Ushuulil Iman, hal 30)
    3.)Fungsi Al-Qur'an tersebut sudah berpengaruh pada saya seperti Al-Qur'an Memberi Syafa’at kepada Ahlinya di Akhirat,
    Orang yang Berkumpul untuk Membaca dan Mengkajinya,Dapat menentramkan hati bila sedang gelisah atau dalam masalah(bisa membaca Alqur'an,bagi yang muslim),Dapat Menyembuhkan Penyakit dll
    4.)Saya membaca Alqur'an dan mengkaji nya sebanyak 3 kali dalam sehari.
    5.)Menurut Anda, apakah kitab suci yang ada saat ini masih asli dan diajarkan oleh rasul-rasul Allah? Jelaskanlah cara menyikapinya beserta alasan-alasannya!
    Jawaban: Menurut saya, masih ASLI.Karena Allah yg menjanjikan bahwa Al-Quran itu terpelihara hingga tibanya hari kiamat, cara menyikapinya dengan membacanya,memahaminya dan mentatabbur nya juga mengamalkan nya.
    6.)Hikmah Iman Kepada Kitab-Kitab Allah swt,
    Setelah kita ketahui bersama secara ringkas, apa itu arti Iman kepada kitab-kitab Allah swt dan kitab-kitab apa saja yang diturunkan oleh-Nya, juga fungsi-fungsi dari mengimani kitab-kitab tersebut. Maka, sudah tentu itu semua ada hikmah tersendiri bagi diri kita maupun bagi orang lain. Antara lain:

    •Melalui kitab-kitab yang diturunkan-Nya kita bisa percaya bahwa Allah swt. itu ada (Wujuud)
    •Tahu dan melaksanakan apa-apa saja perbuatan-perbuatan yang baik dan benar dan menjauhi –perbuatan perbuatan yang tidak terpuji atau tercela.
    •Tahu akan kabar atau berita-berita yang ghaib, baik yang bisa dicerna oleh akal maupun tidak.
    •Dengan iman itu sendiri, seseorang minimal sudah bisa bersyukur atas segala apa yang diberikan oleh-Nya. Juga senantiasa belajar, belajar dan menghayati apa yang ada dalam kitab suci tersebut (ayat-ayat qouliyah).

    ReplyDelete
  8. Nama: Shinta Rachmawati Putri
    Kelas: XI Ips 2
    No absen: 26

    Tanggapan saya kita sebagai seorang umat memang diwajibkan untuk percaya dan yakin kepada kitab kitab allah sebagai pedoman hidup manusia di dunia agar selalu menjalankan kewajibannya sebagai seorang umat serta menjauhi semua larangannya.

    Tidak hanya beriman kepada kitab kitab allah swt kita juga harus memahami dan mempelajari isi dan kandungannya.

    Pada pokoknya, isi dari kitab-kitab tersebut memiliki kesamaan, yaitu mengajak manusia untuk bertauhid. Artinya, menyembah kepada Tuhan yang Maha Esa, yakni Allah swt. dan dilarang menyekutukan-Nya. Allah menurunkan kitab-kitab kepada para rasul-Nya dengan tujuan agar menjadi pedoman hidup manusia dalam berhubungan dengan Allah, dirinya sendiri, sesama manusia, maupun dengan alam sekitarnya.

    ReplyDelete
  9. Nama: Putri Linda Lestari
    Kelas: Xl IPS 2
    No Absen : 21

    Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Alam Adanya kitab yang diturunkan oleh Allah swt. kepada para rasul-Nya juga memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya, yaitu untuk menjadi pedoman manusia dalam mengatur, mengelola, dan memanfaatkan alam atau lingkungan karena sesungguhnya mereka diciptakan juga untuk kesejahteraan manusia. Oleh karena itu, manusia wajib menjaga alam dari kerusakan dan harus menjaga kelestariannya.

    ReplyDelete
  10. Tanggapan saya kita sebagai umat Islam belum cukup beriman kepada kitab-kitab Allah swt saja, tetapi harus senantiasa membaca, mempelajari dan memahami isi kandungannya.
    Iman kepadA kitab kitab allah adalah menyakini dengan sepenuh hatinya bawa allah telah menurunkan kitab kitabnya kepada rusul nyautnya disampaikan kepada umat pendomanya hidup bagi umat manusia agar bisa merai kebahagiananya didunia dan di akhirat

    ReplyDelete
  11. Nama: Meindra Saputra
    No:14
    Kelas:11 ips 2
    Inti dari adanya kitab" tersebut yakni untuk menyerah Allah SWT. Dan mempelajari isi kitab" tersebut bagi pemeluknya

    Jawaban
    Ya saya merasakan sekali fungsinya
    Seperti saat kita sedang membaca AL Quran hati dan pikiran kita jadi lebih tenang dan pastinya semakin dekat dengan Allah SWT.
    Tetapi saya terkadang lupa untuk membaca

    ReplyDelete
  12. [14/7 14.03] Gita: NAMA : MUTIARA EGITA RAMADHANI
    KELAS : XI IPS II
    NO. ABSEN : 16

    "BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH"

    KESIMPULAN :
    Rukun iman yang ke-tiga ini adalah rukun iman kepada kitab-kitab Allah yaitu kita harus mempercayai dan menyakini tentang kitab-kitab Allah tentang membenarkan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitabNya. Kita senatiasa membaca,memahami,dan mempelajari isi kandunganNya

    Ada empat macam tentang kitab-kitab Allah

    1. Taurat adalah kitab suci yang diturunkan allah kepada nabi musa a.s sebagai pedoman hidup manusia
    [14/7 14.07] Gita: 2. Injil adalah kitab suci yang diturunkan allah kepada nabi isa a.s

    3. Zabur adalah kitab suci yang turunkan kepada nabi daud a.s yang berisi pujian atau nyanyian

    4. Al-quran adalah kitab suci yang diturunkan allah kepada nabi muhamad saw sebagai penyempurna kitab lain.

    "Sebelum (Al-Qur'an), menjadi petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan Al Furqaan.[5] Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Allah akan memperoleh siksa yang berat; dan Allah Maha Perkasa lagi mempunyai balasan (siksa)."

    — Al-'Imran 3:4
    Kemudian An Nissa 4 ayat 136 dan 163:

    "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya."

    Sesungguhnya ini benar-benar terdapat dalam kitab-kitab yang dahulu, إِنَّ هَٰذَا لَفِي الصُّحُفِ الْأُولَىٰ Aya-18.
    (yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa. صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَىٰ Aya-19.png​
    —QS al-A'laa, ayat 18-19
    Ataukah belum diberitakan kepadanya apa yang ada dalam lembaran-lembaran Musa? أَمْ لَمْ يُنَبَّأْ بِمَا فِي صُحُفِ مُوسَىٰ Aya-36.png​
    dan lembaran-lembaran Ibrahim yang selalu menyempurnakan janji? وَإِبْرَاهِيمَ الَّذِي وَفَّىٰ
    Prinsip syariat adapun tentang kedudukan Allah: Sebagai wahyu Allah dan menjalankan syariat Allah

    Fungsi nya itu untuk meningkatkan kualitas kehidupan untuk menjalankan syariat nya.Hikmah nya kita bisa memperkuat iman kita

    ReplyDelete
  13. Nama :RIDHA AMANDA PUTRI
    NO :23
    KELAS :XI IPS 2

    Maksud iman kepada kitab-kitab Allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-Nya. Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya.

    ReplyDelete
  14. Nama:RAHEL AJI SAPUTRA

    Kelas:xi ips2


    Tanggapan saya kita sebagai umat Islam belum cukup beriman kepada kitab-kitab Allah swt saja, tetapi harus senantiasa membaca, mempelajari dan memahami isi kandungannya. Iman kepadA kitab kitab allah adalah menyakini dengan sepenuh hatinya bawa allah telah menurunkan kitab kitabnya kepada rusul nyautnya disampaikan kepada umat pendomanya hidup bagi umat manusia agar bisa merai kebahagiananya didunia dan di akhirat

    ReplyDelete
  15. Nama:RAHEL AJI SAPUTRA

    Kelas:xi ips2


    Tanggapan saya kita sebagai umat Islam belum cukup beriman kepada kitab-kitab Allah swt saja, tetapi harus senantiasa membaca, mempelajari dan memahami isi kandungannya. Iman kepadA kitab kitab allah adalah menyakini dengan sepenuh hatinya bawa allah telah menurunkan kitab kitabnya kepada rusul nyautnya disampaikan kepada umat pendomanya hidup bagi umat manusia agar bisa merai kebahagiananya didunia dan di akhirat

    ReplyDelete
  16. Nama: Nadila Nurul Ramadhani
    No: 16
    Kelas:XI IPS 1
    Tanggapan saya sebagai umat islam kita wajib mempelajari, memahami, dan meneladani sifat terpuji, atau hal yang bersangkutan dengan kebaikan. Kita menjadi mengerti apa aturan aturan yang dilarang oleh agama, dan yang diperbolehkan. Sebaiknya kita mematuhi aturan yang ada saja jika itu baik.

    ReplyDelete
  17. Nama : kirani dwi prasekti
    Kelas : XIPS 1
    Nomer: 09
    IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
    IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH

    A.Pengertian Iman
    Menurut bahasa, iman berasal dari bahasa Arab yaitu


    artinya “membenarkan”. Sedangkan menurut istilah, iman adalah membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan / amal, seluruh ajaran dan perintah Allah SWT dalam kehidupan sehari hari.

    B.Pengertian Kitab-Kitab Allah swt.
    Tujuan Allah menurunkan kitab-kitab itu agar digunakan sebagai pedoman hidup bagi seluruh manusia menuju jalan hidup yang benar dan diridhai-Nya. Jadi, iman kepada kitab-kitab Allah SWT adalah mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT. telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada rasul yang berisi wahyu untuk disampaikan dan diajarkan kepada umat manusia.

    C.Suhuf
    Suhuf adalah firman Allah swt. yang diturunkan kepada para Nabi atau rasul-Nya yang masih dalam bentuk lembaran-lembaran yang terpisan (tidak dibukukan). berisi hukum-hukum dasar sebagai petunjuk dan pedoman dalam menjalankan agama-Nya.

    Nabi Idris menerima sebanyak 30 suhuf.
    Nabi Syis menerima sejumlah 50 suhuf.
    Nabi Ibrahim menerima 10 suhuf.
    Nabi Musa menerima 10 suhuf.
    Firman Allah swt.:




    Suhuf apabila dikumpulkan menjadi satu kesatuan disebut Mushaf (kitab). perbedaan Antara kitab dan suhuf :
    Isi kitab lebih lengkap daripada isi suhuf.
    Bentuk dari kitab sudah dibukukan, sedangkan suhuf masih berbentuk lembaran-lembaran yang terpisah.
    Kitab biasanya berlaku lebih lama daripada suhuf.
    Persamaannya adalah keduanya sama-sama firman Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya.

    D.Dalil-dalil Naqli yang terkait dengan Iman kepada Kitab-kitab Allah
    Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. merupakan rukun iman yang ketiga. Firman Allah SWT :



    Kitab-kitab Allah swt. diturunkan pada masa yang berlainan, namun di dalamnya terkandung ajaran pokok yang sama, yaitu ajaran tauhid atau ajaran tentang keesaan Allah swt. Yang berbeda hanyalah dalam hal syariat yang disesuaikan dengan zaman dan keadaan umat pada waktu itu.

    E.Nama-nama kitab Allah swt. dan Rasul yang menerimanya.

    ReplyDelete
  18. Nama : M ilham ramadhan j
    No : 12
    Kelas : XI IPS 1

    Pendapat saya, Kitab-kitab Allah itu ada 4. Taurat, zabur, injil, dan Alqur'an. Tiap Kitab itu berbeda zamannya. Taurat berlaku pada zaman nabi musa, Zabur berlaku pada zaman nabi Daud, injil berlaku pada nabi Isa, dan Alqur'an yang sekarang ini berlaku sepanjang masa ke depan. Kita wajib mengimani semua itu, tetapi yang harus diamalkan dalam hal ibadah, muamalah, syariah, itu hanya Al-quran untuk kita Umat Nabi Muhammad Saw.

    ReplyDelete
  19. Nama: Asri Maulana Dewi
    Kelas : XI IPS 1
    No : 04

    Tanggapan saya tentang beriman kepada kitab-kitab Allah yaitu
    Kita harus yakin bahwasanya kitab-kitab Allah benar-benar ada,dan juga menjadi pedoman hidup manusia di dunia agar selalu menjalankan kewajibannya sebagai umat muslim,serta menjauhi segala larangan-nya.Kita juga sebagai umat manusia senantiasa memahami,membaca,dan mempelajari isi kandungannya.

    ReplyDelete
  20. Nama : Nuzurul khotimah
    No. :18
    Kelas . : XI IPS 1

    Iman kepada kitab-kitab allah
    - Fungsi iman kepada kitab-kitab allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab allah itu benar-benar firman allah yang diturunkan kepada rasul rasu dipilih-NYa .
    RISALAh , mushaf adalah kumpulan ayat-ayat al Quran yang berbentuk lembaran - lembaran kertas yang berjilid sebagaimana mustaf Al Quran saat ini.
    - Ada empat macam kitab yang wajib kita yakni yaiku : Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.

    ReplyDelete
  21. Nama :Sri Rahayu
    Kelas :Xl IPS 1
    No. :22

    Tanggapan saya tentang IMAN KEPADA KITAB ALLAH yaitu Kita harus menyakini bahwa kitab Allah bener - bener ada ,Firman Allah yang diturunkan kepada rosulnya yang sudah dipilih oleh Allah untuk Menyebarluaskan kitab - kitabnya agar manusia yang ada dimuka bumi mengetahui aturan - aturanya dan larang - laranganya apa saja yang dilarang.

    Dalilnya Temtang Fungsi IMAN KEPADA KITAB ALLAH sudah jelas tercantum dalam (Q.S Al Baqarah :136)

    ReplyDelete
  22. Nama: Wahyu kiko lucky ananto
    No: 025
    Kelas: XI IPS 1

    Menurut saya kita sebagai umat islam belum cukup beriman kepada kitab kitab nya Allah SWT saja. Juga harus membacanya, memahami isi nya dan juga kandungan yang ada di dalam kitab itu.

    Maka dari itu kita dapat tau dan juga kita bisa melakukan nya setiap hari.

    ReplyDelete
  23. Nama : Amalia Yuliyanti
    Kelas : XI IPS 1
    NO : 01

    Tanggapan saya tentang beriman kepada kitab-kitab Allah yaitu Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT hukumnya wajib. Wajib beriman kepada kitab-kitab Allah yangpernah diturunkan kepada para rasul-Nya; maka pengingkaran terhadap salah satu kitab Allah, sama artinya dengan pengingkaran terhadap kitab-kitab Allah. Kitab mempunyai fungsi antara lain sebagai pedoman hidup manusia dalam berhubungan dengan Allah, dengan dirinya sendiri, dengan sesama manusia, dan dalam berhubungan dengan alam.

    ReplyDelete
  24. Nama : Diah Usnul ariyanti
    Kelas. : Xl IPS 1
    No. :05

    Pendapat saya,kitab yang diturunkan Allah pada nabi/rasul pilihanNya yang berisi perintah, ketentuan, larangan dan lain sebagainya. Kitab-kitab ini kemudian menjadi pedoman bagi umat manusia.
    Beriman kepada kitab-kitab Allah adalah salah satu dari sekian rukun iman. Iman kepada kitab-kitab Allah ini mengandung maksud bahwa kita mempercayai serta meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah memang telah menurunkan kitab-kitab melalui nabi dan rasul dengan perantara Malaikat Jibril. Kitab-kitab tersebut berisi wahyu yang adalah pedoman hidup bagi manusia untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  25. Nama:Mardiani putri utami
    Nmor: 11
    Kelas: XI ips 1

    Tanggapan saya sebagai umat Islam dalam mempelajari Kitab Kitab Allah adalah harus lebih ditekankan dalam mempelajari Dan memahami agar Kita semua paham akan maksud Dan makna yg terdapat dalam setiap kitab Kitab yg Ada.. Tak hanya memahami Kita juga harus Tau Mana Hal yg baik Dan buruk dalam setiap Hal yg diterangkan dalam Kita.. mempelajari Hal Hal yg baik Dan positif harus Kita laksanakan dengan usaha Dan niat.. agar Kita Tau Mana Hal yg baik Dan positif untuk Kita laksanakan Dan Mana Hal yg buruk untuk Kita hindarkan

    ReplyDelete
  26. Nama : Najwa nur Fadilah
    No: 17
    Kelas: XI IPS 1


    Menurut saya masih asli karena Allah yang
    menjanjikan bahwa Al-Quran itu terpelihara hingga tibanya hari kiamat


    cara menyikapinya dengan membacanya
    memahaminya
    Mentatabbur nya dan
    mengamalkan nya

    ReplyDelete
  27. Nama: Nabilla Aulia Agustin
    Kelas: XI IPS 1
    No. : 15

    Pendapat saya, ada 4 kitab allah yaitu taurat, injil, zabur, dan Al-Qur'an, kita wajib memahami semua kitab itu, tetapi yg wajib kita amalkan dalam ibadah, muamalah, syari'ah itu Al-Qur'an untuk kita para umat Nabi Muhammad SAW.

    ReplyDelete
  28. Nama : muhammad virgiawan listanto
    Kelas : XI ips 1


    Tanggapan saya tentang IMAN KEPADA KITAB ALLAH yaitu Kita harus menyakini bahwa kitab Allah bener - bener ada.Kita wajib mengimani semua itu, tetapi yang harus diamalkan dalam hal ibadah, muamalah, syariah, itu hanya Al-quran untuk kita Umat Nabi Muhammad Saw

    ReplyDelete
  29. Nama:wahyu amirul ikhsan
    No :24
    Kelas:XI IPS 1

    iman kepada kitab-kitab Allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar ada dan diturunkan kepada para rasul yang dipilih-nya.

    Kita sebagai umat beragama harus beriman kepada kitab2 ALLAH,maka dari itu kita harus selalu membaca dan memahami arti2 atau kandungan2 yang ada di kitab.sebab kitab2 ALLAH merupakan pedoman hidup bagi kita umat beragama.

    ReplyDelete

  30. Nama. = Isnaini Nur Ramadhani
    No. = 08
    Kelas. = XI IPS 1

    Pendapat saya, Kitab-kitab Allah itu ada 4. Taurat, zabur, injil, dan Alqur'an. Tiap Kitab itu berbeda zamannya. Taurat berlaku pada zaman nabi musa, Zabur berlaku pada zaman nabi Daud, injil berlaku pada nabi Isa, dan Alqur'an yang sekarang ini berlaku sepanjang masa ke depan. Kita wajib mengimani semua itu, tetapi yang harus diamalkan dalam hal ibadah, muamalah, syariah, itu hanya Al-quran untuk kita Umat Nabi Muhammad Saw.

    ReplyDelete
  31. Nama : Serli Yunita
    Kelas : XI IPS 1
    No : 21

    Tanggapan saya tentang beriman kepada kitab-kitab Allah artinya meyakini sepenuh hati bahwa Allah telah menurunkan kitab kepada nabi atau rasul yang berisi wahyu untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Maka kita sebagai umat muslim kita harus memehami dan mengamalkan nya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  32. Nama: Anisa Rahma N.
    Kelas: XI IPS 1
    No: 03
    Tanggapan saya tentang iman kepada kitab Allah Swt adalah dari pengertian iman secara umum di atas maka, dapat diartikan bahwa iman kepada kitab-kitab Allah swt. adalah meyakini dengan sungguh-sungguh tentang keberadaan kitab-kitab suci yang pernah diturunkan Allah swt. kepada para rasulNya untuk disampaikan kepada umatnya. Kitab suci yang berisi tentang ketauhidan Allah swt., perintah, larangan, dan hukum serta petunjuk bagi manusia.

    ReplyDelete
  33. Nama: Muhammad Rofiq N.H
    Kelas : XI IPS 1
    No : 13

    Menurut pendapat saya tentang kitab ALLAH kita harus bisa meneladani kitab-kitab ALLAH sebagai pedoman hidup kita dan menerapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Kitab ALLAH ada 4 taurat, zabur, injil dan Alqur'an. Tiap kitab itu berbeda zamannya.Taurat berlaku pada zaman nabi musa, Zabur berlaku pada zaman nabi Daud, injil berlaku pada nabi Isa, dan Alqur'an yang sekarang ini berlaku sepanjang masa ke depan. Dan kita harus mengamalkan semua kitab itu dan yang paling harus kita jalani adalah Alqur'an.

    ReplyDelete
  34. Nama : Anang Pambudi
    Kelas : Xl IPAS 1
    NO :02

    Menurut pendapat saya tentang kitab ALLAH mempercayai bahwa kitab-kitab tersebut di turunkan oleh Allah ke pada rasul-rasulnya dengan tujuan untuk memperbaiki, mengarahkan ahlak manusia dan tingkah laku manusia kepada jalan yg di ridhai Allah.

    ReplyDelete
  35. Nama : riska aryani
    No :19
    Kelas : XI ips 1

    Tanggapan saya yaitu ada 4 kitab yang harus kita ketahui taurat,zabur,injil,dan al qur'an

    Selain itu juga kita harus pertamam meyakini bahwa kitab allah benar benar di firman allah dan di turunkan kepada rasul yang dipilihnya kedua kita harus beriman kepada kitab allah ketiga kita harus membaca dan menghafalkan nya dan keempat kita harus mempelajari ajaran danpe perintah allah yang di berikan kepada umatnya sebagai contoh al qur'an dan menjadikan nya sebagai pedoman hidup

    ReplyDelete
  36. Nama : Risky Eka Pradita
    No : 20
    Kelas : XI IPS 1

    Tanggapan saya tentang beriman kepada kitab - kitab ALLAH yaitu kita wajib percaya bahwa kitab-kitab ALLAH itu benar-benar ada dan sebagai pedoman hidup manusia.Cara meyakini kitab-kitab ALLAH yaitu dengan membaca,menafsirkan,dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan selalu berpegang teguh bahwa kita percaya dan yakin terhadap kitab ALLAH.

    ReplyDelete
  37. Nama : Roro Arum Probo Kissuma
    No. : 28
    Kelas : XI MIPA 3

    Tanggapan saya tentang beriman kepada kitab-kitab Allah, kita wajib percaya kepada 4 kitab suci Allah. Namun tetap memegang prinsip Al-Qur'an sebagai pedoman hidup yang sebenar-benarnya sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya dengan senantiasa mempelajari, juga mengamalkan perintah- perintah Allah yang telah dijelaskan didalam Al-Qur'an.

    ReplyDelete
  38. Nama: Azis Adjimas Karno
    No : 05
    Kelas : Xl MIPA 3
    Menurut pendapat saya tentang kitab ALLAH mempercayai bahwa kitab-kitab tersebut di turunkan oleh Allah ke pada rasul-rasulnya dengan tujuan untuk memperbaiki, mengarahkan ahlak manusia dan tingkah laku manusia kepada jalan yg di ridhai Allah.

    ReplyDelete
  39. Nama : Winda Laura Y
    Kelas : XI MIPA 3
    No. : 34

    `` Iman Kepada Kitab Kitab Allah``

    Kita sebagai umat Islam wajib hukumnya untuk beriman kepada Kitab Kitab Allah.
    Iman menurut istilah berarti meyakini sepenuh hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan.
    Al Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan terakhir untuk menyempurnakan kitab kitab sebelumnya, sebagai umat Islam kita tidak cukup hanya iman terhadap kitab Allah, tetapi juga mempelajari, membaca, serta memaknai kandungannya, terutama kitab Al-Qur'an, Al-Qur'an sebagai pedoman kita berperilaku dalam kehidupan sehari hari.
    Manfaat beriman terhadap kitab Allah sangatlah banyak salah satunya, terjaga ketakwaan kita terhadap Allah dan senantiasa menjauhi segala larangan Nya.

    ReplyDelete
  40. Nama : Syamsul Hidayat
    No. : 21
    Kelas : XL MIPA 3

    Pendapat saya, Kitab-kitab Allah itu ada 4. Taurat, zabur, injil, dan Alqur'an. Tiap Kitab itu berbeda zamannya. Taurat berlaku pada zaman nabi musa, Zabur berlaku pada zaman nabi Daud, injil berlaku pada nabi Isa, dan Alqur'an yang sekarang ini berlaku sepanjang masa ke depan. Kita wajib mengimani semua itu, tetapi yang harus diamalkan dalam hal ibadah, muamalah, syariah, itu hanya Al-quran untuk kita Umat Nabi Muhammad Saw.

    ReplyDelete
  41. Nama : Liana Maulidya
    No. : 18
    Kelas : XI MIPA 3

    Tanggapan saya beriman kepada kitab allah itu wajib, mempelajari semua kitab allah juga boleh, tetapi yang paling wajib kita pelajari sebagai umat muslim adalah al quran. Selain mempelajari, kita di wajibkan untuk mengamalkannya di kehidupan sehari hari.

    ReplyDelete
  42. Nama : Wahyu Kusumaning Ratri
    No : 33
    Kelas : XI MIPA 3

    Tanggapan saya tentang beriman kepada kitab-kitab Allah yaitu kita wajib percaya dan yakin bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para rasul-Nya agar di jadikan sebagai pedoman hidup umat manusia. Kita sebagai umat muslim wajib beriman kepada kitab-kitab Allah dengan cara membaca, mempelajari, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Fitria Nur Hidayati
      No: 12
      Kelas: XI MIPA 3

      Menurut pendapat saya tentang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT adalah wajib. Kita sebagai umat muslim wajib beriman kepada kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan untuk petunjuk hidup umat manusia, iman menurut istilah yaitu meyakini sepenuh hati di ucapkan dengan lisan di lakukan dengan perbuatan. Tidak hanya beriman,sebagai umat Islam kita juga wajib memahami isi kandungan ayat-ayat yang terdapat pada Al-Quran.

      Delete
  44. Nama : Eka Febriyani
    Kelas :XI Mipa 3
    Nomor :09

    Tanggapan saya
    Manusia memang kebanyakan sudah mengucapkan iman kepada kitaplb kitab Allah namun sejatinya masih banyak manusia yang belum mengerti makna/maksud dari kata iman kepada kitab kitab Allah,bahkan manusia sekarang jarang sekali membaca apalagi memahami isi kandungannya sebagai umat islam yang berpedoman kepada kitab suci Al Qur'an kita harus senantiasa membaca kitab Al-Qur'an agar kita lebih memahami kandungan isi dari ayat ayat Al-Qur'an dan dapat mengamalkan di kehidupan kita agar kita tau apa arti sesungguhnya iman kepada kitab kitab Allah:)

    ReplyDelete
  45. Nama : Aisyatuzzahidah
    No : 01
    Kelas : XI MIPA 3

    Tanggapan saya tentang beriman kepada kitab kitab Allah, sebagai orang beriman kita harus selalu percaya kepada kitab Allah, yaitu dengan cara mempelajari kitab kitab Allah dan menjadikannya sebagai pedoman hidup dan mengamalkan ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan mengamalkan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

    ReplyDelete
  46. Nama : maharanie
    No :19
    Kelas : XI mipa 3

    Beriman kepada kitap merupakan rukun iman ke 3. Terdapat 4 kitap yang yang diturunkan oleh allah. Al-qur'an diturnkan kepada nabi muhammad dan al-qur'an merupakan kitap terakhir sekaligus penyempurna dari kitap² yang lainnya. Di dalam al - qur'an terdapat petunjuk yang dapat menolong umat islam.

    ReplyDelete
  47. Nama: Nanda Eva Pinasti
    No.Urut: 23
    Kelas: XI MIPA 3

    Tanggapan saya:

    Sebagai Umat Islam tentunya kita wajib mempercayai bahwa Allah Swt telah menurunkan kitab-kitabnya dengan perantara Nabi dan Rasul yang kemudian disampaikan kepada seluruh umat manusia.

    Banyak ulama berpendapat bahwa setiap rasul yang berjumlah 313 memiliki Kitab sendiri-sendiri yang bertujuan untuk meneguhkan kerasulan mereka.
    Meski demikian, kita sebagai orang yang beriman hanya diwajibkan mengimani beberapa Kitab Allah seperti yang dijelaskan dalam Kitab Kifayatul Awam karya Syekh Ibrahim Al-Bajuri Tahqiq, di antaranya:

    1. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as

    2. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa as

    3. Kitan Zabur diturunkan kepada Nabi Dawud as

    4. Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw

    Meski demikian kita sebagai umat Islam harus meneguhkan hati dengan mempercayai bahwa hanya Al-Qur'an lah Kitab Allah yang paling sempurna dan kita wajib mempelajari dan mengamalkannya serta menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup, sebab Al-Qur'an merupakan petunjuk dalam melakukan segala sesuatu baik didunia maupun diakhirat, tentunya untuk tetap berada dijalan Allah.

    terkait fungsinya Al-Qur'an memiliki beberapa fungsi yaitu:

    1. Al-Huda (Petunjuk)
    Dalam Al-quran ada tiga posisi Al-quran yang fungsinya sebagai petunjuk. Al-quran menjadi petunjuk bagi manusia secara umum, petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman.
    2. Al-Furqon (Pemisah)
    Fungsi Al-quran sebagai pemisah adalah Al-quran dapat memisahkan antara yang hak dan yang batil, atau antara yang benar dan yang salah. Di dalam Al-quran dijelaskan beberapa hal mengenai yang boleh dilakukan atau yang baik, dan yang tidak boleh dilakukan atau yang buruk.
    3. Al-Asyifa (Obat)
    Al-quran bisa menjadi obat penyakit mental di mana membaca Al-quran dan mengamalkannya daoat terhindar dari berbagai hati atau mental. Meskipun Al-quran hanya sebatas tulisan saja, namun membacanya dapat memberikan pencerahan bagi stiap orang yang beriman.
    4. Al-mau'izah (Nasihat)
    Di dalam Al-Quran terdapat banyak pengajaran, nasihat-nasihat, peringatan tentang kehidupan bagi orang-orang yang bertakwa, yang berjalan di jalan Allah. Nasihat yang terdapat di dalam Al-Quran biasanya berkaitan dengan sebuah peristiwa atau kejadian, yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang-orang di masa sekarang atau setelahnya.

    Sebagai umat muslim tentunya kita tidak perlu ragu terkait keaslian Al-Qur'an yang ada pada saat ini karena menurut penelitian,
    Alquran pertama kali dibukukan secara utuh pada era Khalifah Usman bin Affan. Rujukannya tentu dari sebagian ayat yang ditulis Zaid bin Tsabit.
    Meski mushaf asli yang dicetak pertama kali itu tidak ditemukan keberadaannya, tak ada keraguan yang muncul. Ia beralasan, sejak awal metode penulisan sudah menggunakan rumusan baku. Rumusan ini dirancang oleh banyak ulama yang hafal seluruh bacaan Alquran. Karena sudah terbentuk sistem baku, dampaknya hingga kini tulisan ayat demi ayat tidak mengalami perubahan.
    "Tulisan sudah diteliti dan dicermati dengan berbagai ilmu, seperti tafsir, fikih, tajwid, hingga kaidah penulisan ke dalam mushaf menjadi sempurna," ujar Ahmad. Karena itu, ketika ada yang menyanggah bagaimana menjamin keaslian Alquran yang sekarang dibaca masyarakat, ia memastikan
    terpeliharanya kitab suci umat Islam.

    Mempelajari Al-Qur'an dengan cara membacanya bisa dilakukan pada saat usai menunaikan ibadah shalat atau diwaktu kapanpun.

    ReplyDelete
  48. Nama : Indriya Kumarasanti
    Kelas : Xl mipa 3
    Nomer : 15

    Tanggapan saya tentang iman kepada allah kita harus percaya dengan kekuasaan allah yang selalu memberi kita hidayah,selalu menjalani perintahnya dan menjauhi larangan - laranganya ,sebagai umat manusia kita harus senantiasa memahami,membaca,dan mendalami isinya serta mengamalkan dalam kehidupan sehari hari

    ReplyDelete
  49. Nama: Ananda Kurniawati
    No: 2
    Kelas: XI MIPA 3

    Fungsi Iman kepada Kitab-Kitab Allah
    adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-Nya. Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya.

    Tanggapan saya tentang beriman kepada kitab-kitab Allah kita wajib memahami kitab kitab Allah . Tetapi yang paling penting kita pelajari adalah kitab Al Qur'an karena kita umat muslim . Kitab Al Qur'an sebagai sebagai pedoman hidup . Selain mempelajari nya kita juga harus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  50. Nama : Malik Fajar
    No. : 20
    Kelas: XI MIPA 3

    Tanggapan Saya :
    Mengimani kitab-kitab Allah swt. adalah hal wajib bagi umat muslim, kita harus percaya bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para nabi atau rasul yang berisi wahyu Allah untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Kitab itu bukan hanya Al Qur'an saja tapi ada juga Taurat, Zabur, dan Injil yang merupakan kitab terdahulu.

    Rangkuman :
    1. Iman kepada kitab-kitab Allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-Nya. Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya.
    2. Empat macam kitab yang wajib kita yakini, yaitu : Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.
    3. Selain kitab-kitab tersebut Allah juga menurunkan suhuf, yaitu lembaran-lembaran yang diturunkan kepada Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Musa a.s. 
    4. Kedudukan Al quran terhadap kitab-kitab Allah sebelumnya adalah sebagai penyempurna serta revisi dari kitab-kitab sebelumnya seperti Taurat, Zabur, dan Injil.
    5. Fungsi Al Qur'an adalah sebagai petunjuk arah hidup, sumber pengetahuan, peringatan, dan obat hati.

    Jawaban Diskusi :
    Menurut saya masih asli karena Allah SWT. yang menjanjikan bahwa AL-QUR'AN itu terpelihara hingga datangnya hari akhir.

    ReplyDelete
  51. Nama : Dea April Riyani
    Kelas. : XI MIPA 3
    NO. : 06
    Pendapat saya tentang iman kepada kitab" allah bahwa kita wajib mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa allah swt. yang telah menurunkan kitab" nya, dan kita sebagai manusia wajib beriman dan mengamalkan isi kitab" allah dalam kehidupan sehari hari yang terutama Al Qur'an karena sebagai pedoman semua umat manusia.

    ReplyDelete
  52. Nama : Annisa Dian Muthia
    Kelas : XI MIPA 3

    Kita wajib beriman bahwa setiap hukum yang telah disampaikan para rasul kepada umat manusia itu atas perintah yang mereka terima langsung atau dengan perantaraan malaikat. Beriman kepada kitab-kitab Allah SWT hukumnya wajib. Wajib beriman kepada kitab-kitab Allah yangpernah diturunkan kepada para rasul-Nya. Orang yang mengaku Islam tetapi mengingkari iman kepada kitab-kitab Allahtermasuk murtad (keluar dari islam). Maka semua manusia yang beragama Islam harus berpedoman kepada Al Quran, karena Al Quran merupakan petunjuk dalam berkehidupan.

    ReplyDelete
  53. Nama: Fauzi Rachmat Wahyudi
    No: 11
    Kelas: X MIPA 3
    Tanggapan saya tentang beriman kepada kitab-kitab Allah yaitu kita wajib percaya bahwa kitab-kitab Allah itu benar- benar ada dan sebagai pedoman hidup manusia. Cara meyakini kitab-kitab Allah yaitu dengan membaca, menafsirkan,dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan selalu berpegang teguh bahwa kita percaya dan yakin terhadap kitab Allah

    ReplyDelete
  54. Nama: Nola Pramudita
    Kelas ;11ips 2
    No: 17
    Tanggapan saya tentang beriman kepada kitab² Allah Beriman kepada kitab merupakan sikap orang-orang yang bertakwa, orang, beriman, pewaris para nabi, pewaris ajaran-ajaran Allah, baik orang-orang terdahulu, masa sekarang, atau sampai akhir zaman.
    Kitab mempunyai fungsi antara lain sebagai pedoman hidup manusia dalam berhubungan dengan Allah, dengan dirinya sendiri, dengan sesama manusia, dan dalam berhubungan dengan alam

    ReplyDelete
  55. Nama:Esa Septian Ananda
    No: 06
    Kls: XI IPS 2

    Menurut saya Materi ini sangat bermanfaat bagi saya.Karena materi ini lengkap dan mudah di pahami.sehingga memudahkan saya untuk belajar
    saya dapat tambahan pengetahan baru tentang
    Iman kepada kitab kitab ALLAH

    ReplyDelete
  56. Nama : Muntaha
    Kls : XI IPS 2
    No : 15

    Kita sebagai manusia dilarang menyekutukan-Nya. Allah menurunkan kitab-kitab kepada para rasul-Nya dengan tujuan agar menjadi pedoman hidup manusia.
    Serta kita harus mempercayai bahwa al quran adlh kitab terahir utusan allah kpd nabi muhammad SAW. Dan kita sebagai umat manusia berkewajiban mempelajari serta mengamalkan isi dari kandungn al quran.

    ReplyDelete
  57. Nama: laelasari
    No: 13
    Kelas: XI
    iman kepada kitab-kitab Allah adalah kita harus meyakini bahwa kitab-kitab Allah itu benar-benar firman Allah yang turunkan kepada para rasul yang dipilih-Nya. Adapun pengertian kitab-kitab Allah adalah kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya melalui Malaikat Jibril dan menjadi pedoman hidup bagi umatnya. Pada awalnya, ayat-ayat Al Quran dihapal dan ditulis pada pelepah-pelepah kurma, daun, dan tulang. Proses penyalinan dan pengumpulan lembaran tersebut dilakukan oleh Zaid bin Sabit atas perintah Khalifah Abu Bakar As Siddik. Ada empat macam kitab yang wajib kita yakni, yaitu Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s., Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s., Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s., dan Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.

    ReplyDelete
  58. Nama : Putri Ayu Azizah
    Kelas : Xl IPS 2
    No :20

    Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Dirinya Sendiri Manusia berkewajiban untuk menjaga dirinya agar selamat di dunia dan akhirat dengan cara menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Hal tersebut diterangkan dalam Al Quran. Pada zaman yang serba super canggih ini, banyak manusia yang lupa terhadap dirinya sendiri, bahkan tidak sedikit yang mengingkari asal kejadiannya sehingga akhirnya menjadi sombong, ingkar, dan tidak mau mengakui bahwa dirinya berasal dari setetes air. Hal ini terjadi karena ia belum meresapi hakikat keimanan yang sesungguhnya. Allah swt. berfirman. Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Sesama Manusia Allah menciptakan manusia dari suku bangsa yang berbeda-beda dengan tujuan agar saling mengenal dan tolong-menolong, tidak saling bermusuhan dan Baling mencemooh karena kesombongan mereka. Di hadapan Allah, manusia yang paling mulia adalah manusia yang paling bertakwa kepada-Nya. Sebagaimana dinyatakan dalam firman-Nya. Artinya: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS Al Hujurat: 13). Di dunia ini, manusia tidak mungkin hidup sendirian, is pasti butuh bantuan orang lain. Bentuk kerja sama dalam pergaulan tersebut (sering disebut muamalah) membutuhkan adanya saling pengertian, saling menghargai, dan saling menghormati. Tentu saja dalam hal ini dibutuhkan adanya tuntunan yang berasal dari wahyu Allah yang dibawa oleh para rasul-Nya untuk menjadi pedoman hidup antara manusia dengan sesamanya. Sebagai Pedoman Hidup Manusia dalam Berhubungan dengan Alam Adanya kitab yang diturunkan oleh Allah swt. kepada para rasul-Nya juga memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya, yaitu untuk menjadi pedoman manusia dalam mengatur, mengelola, dan memanfaatkan alam atau lingkungan karena sesungguhnya mereka diciptakan juga untuk kesejahteraan manusia. Oleh karena itu, manusia wajib menjaga alam dari kerusakan dan harus menjaga kelestariannya.

    ReplyDelete
  59. Nama : Vina sari
    No : 23
    Kelas : XI Ips 1
    Tanggapan saya mengenai an kepada kitab" Allah
    Dengan mempelajari dan mengkaji, serta mencari informasi informasi nya, lalu mengamalkan perintah pernah yang ada di dalam kitab-kitab Allah.

    ReplyDelete
  60. Nama:Gilang Dwi S.
    No:07
    Kelas:XI IPS1
    Tanggapan saya tidak hanya mempercayai dan menyakini 4 kitab kitab allah,,,bagi umat yang beriman kpd allah pada agamanya dia juga harus mempelajari,meyakini,mengamalkan isi dari kitab tersebut,,,untuk orang muslim yang beriman kepada allah juga wajib membaca serta"menghafal" ayat al'quran dan memahami makna dari isi kandungan ayat tersebut...sekian terima
    wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  61. Nama: Dimas adhi prasetyo
    Kelas : Xl IPS 1
    No. : 06
    Kita sebagai manusia dilarang menyekutukan Allah menurunkan kitab² kepada para rasul rasul'Nya dengan tujuan agar menjadi pedoman hidup manusia.

    ReplyDelete
  62. Nama: Lestari Eka Melani
    Kelas : XI IPS 1
    No. : 10
    Rangkuman
    Iman Kepada Kitab kitab Allah SWT.
    Iman kepada kitab kitab Allah adalah rukun iman ketiga, kitab kitab Allah ada empat yaitu:
    Kitab Taurat
    Kitab Zabur
    Kitab Injil
    Kitab Al-Qur'an
    Kita sebagai umat Islam wajib mengimani kitab kitab Allah SWT.
    Kitab kitab tersebut di wahyukan kepada para nabi nabi pilihan Allah SWT,kitab suci kita sebagai umat Islam adalah Al Qur'an yang diwahyukan kepada nabi Muhammad Saw Nabi Muhammad Saw mendapat Wahyu pertama di gua Hiro pada saat beliau berusia 40 tahun melalui malaikat Jibril. kita harus membaca Al Qur'an, mengetahui isinya,dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.karena Al Qur'an adalah sebagai penerangan kita di hari akhir nanti selain kitab kitab Allah ada juga lembaran lembaran yang di sebut dengan suhuf.suhuf di wahyukan kepada nabi nabi pilihan Allah SWT.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel