Wirid, Fadhilah dan Keutamaan Surat Al Waqiah yang Bisa Kita Amalkan - Cuma Berbagi

Wirid, Fadhilah dan Keutamaan Surat Al Waqiah yang Bisa Kita Amalkan

Wirid, Fadhilah dan Keutamaan Surat Al Waqiah yang Bisa Kita Amalkan
(Image source: pixabay)

Keutamaan setiap surat dalam Al-Qur'an memiliki kebutuhannya masing-masing yang diberikan Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW. Sebagai salah satu contohnya adalah pada bacaan surat Al Waqiah yang memiliki banyak fadhilah dan keutamaan yang bisa kita manfaatkan untuk memohon rejeki pada Allah SWT. Dalam Al-Qur'an, Surat Al Waqiah terdapat pada juz ke 27, surat ke 56 dengan 96 ayat. Surat Al Waqiah merupakan surat makiyyah yang berarti kiamat. Surat Al Waqiah berisi tentang bagaimana hari kiamat akan terjadi dan balasan bagi orang mukmin dan kafir.

Lengkapnya, dalam surat Al Waqiah dibahas tentang penciptaan manusia, api dan segala jenis tumbuhan yang juga sekaligus menjelaskan tentang kekuasaan Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya adalah sebagai berikut :

"Barangsiapa yang membaca surat Al Waqiah setiap harinya, maka ia tidak akan ditimpakan kekafiran."

Wirid, Fadhilah dan Keutamaan Surat Al Waqiah

1. Dijauhkan dari kemiskinan

Jika kita membiasakan membaca bacaan surat Al Waqiah sebanyak satu kali setiap malam, maka kita akan mendapat pahala yang sangat berarti, yakni akan dijauhkan dari kemiskinan selama-lamanya.

2. Memperoleh kekayaan berlimpah

Jika kita membaca surat Al Waqiah sebanyak 14 kali setiap kali selesai menunaikan sholat ashar, maka kita akan mendapatkan berupa kekayaan yang berlimpah dan tidak akan ada habisnya. Sebagaimana hadits riwayat berikut ini :

"Ajarkanlah surat Al Waqiah kepada istri-istrimu. Karena sesungguhnya ia adalah surat kekayaan." (HR. Ibnu Adi)

3. Ditunaikan hajatnya berhubungan dengan rejeki

Jika kita membaca surat Al Waqiah sebanyak 41 kali dalam satu majlis, atau dengan kata lain sekali duduk, maka insyaallah akan ditunaikan hajat semua yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rejeki.

4. Dijadikan hartawan dan dermawan

Supaya seseorang dapat menjadi orang kaya yang selalu bersyukur, maka bacaan surat Al Waqiah ini dibacakan sebanyak 3 kali sesudah selesai menunaikan sholat subuh dan juga 3 kali sesudah menunaikan sholat isya yang insyaallah tidak akan berlalu masa setahun tersebut melainkan akan dijadikan seseorang yang hartawan dan dermawan.

5. Dilimpahkan rejeki

Amalan surat Al Waqiah bagi orang sufi agar dilimpahkan rejeki, hendaklah melakukan puasa selama 1 minggu dan dimulai hari Jumat. Setiap selesai sholat fardhu, maka bacalah surat Al Waqiah sebanyak 25 kali sehingga sampai pada malam Jumat berikutnya. Dan pada malam Jumat berikutnya tersebut sesudah sholat magrib, maka baca surat Al Waqiah sebanyak 25 kali dan sesudah sholat isya dibacakan kembali sebanyak 125 kali di lanjutkan dengan membaca sholawat  atas nabi sebanyak 1000 kali. Setelah selesai maka perbanyak juga sedekah dan amalkan pula surat Al Waqiah sekali pada pagi hari dan petang. Insyaallah semua permohonan akan terkabulkan dan berhasil.

6. Mempermudah roh keluar dari jasad

Jika membacakan surat Al Waqiah di sisi mayat atau orang yang sedang nazak, maka insyaallah akan semakin dipermudahkan supaya keluarnya roh dari jasadnya. Maka dengan demikian orang ini tidak akan mengalami sakaratul maut yang terlalu lama.

7. Diringankan sakitnya

Jika membacakan surat Al Waqiah di sisi orang yang sakit, maka insyaallah orang tersebut akan diringankan sakitnya dan cepat sembuh.

8. Mendapatkan ketenangan jiwa dan raga

Bagi orang yang membacakan bacaan surat Al Waqiah walaupun tidak mengetahui artinya, maka ia akan mendapatkan ketenangan jiwa dan raga.

Dengan banyaknya fadhilah dan keutamaan surat Al Waqiah, maka hendaknya kita senantiasa selalu mengamalkannya agar mendapatkan fadhilah tersebut.


0 Tanggapan untuk " Wirid, Fadhilah dan Keutamaan Surat Al Waqiah yang Bisa Kita Amalkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel