Tips Pemula Sebelum Naik Gunung Semeru - Cuma Berbagi

Tips Pemula Sebelum Naik Gunung Semeru

Tips Pemula Sebelum Naik Gunung Semeru
(Image source: pixabay)

Saat ini siapa sih yang tidak tahu gunung semeru, gunung yang satu ini adalah gunung tertinggi di pulau Jawa. Selain itu gunung ini juga memiliki julukan puncak abadi para dewa, karena termasuk gunung yang paling tinggi di pulau jawa gunung ini jadi cukup menantang bagi para pendaki. Gunung ini terkenal dari sebuah film yang judulnya 5CM. 

Bagi para pendaki pastinya gunung ini menjadi salah satu gunung yang wajib dituju. Selain itu pemandangan dari gunung ini juga sangat ini apalagi pemandangan di Ranu Kumbolo. Bagi Anda para pemula ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendaki gunung ini:

• Memilih Waktu yang Tepat 

Untuk mendaki gunung ini cukup sulit dan tidak mudah, maka dari itu pemilihan waktu ini tidak boleh salah. Faktor cuaca bisa jadi salah satu faktor yang membuat Anda berhasil atau tidak untuk sampai ke puncak. Supaya pendakian Anda lebih aman sebaiknya Anda mendaki pada saat musim kemarau, biasanya pada saat bulan mei sampai bulan September. Karena jika Anda mendaki di musim hujan bisa menyebabkan angina kencang dan juga badai longsor di jalur pendakian.

• Siapkan Waktu Luang 

Supaya Anda bisa puas menikmati keindahan gunung ini sebaiknya Anda meluangkan waktu minimal 3 hari. Dengan waktu tersebut Anda bisa melakukan pendakian dengan santai. Untuk melakukan pendakian ini Anda ini bisa bermalam di Ranu Kumbolo atau bisa juga di Kalimati sebelum Anda summit attack.

• Desa Ranu Pani Gerbang 

Desa Ranu Pani ini adalah gerbang keberangkatan untuk para pendaki yang ingin naik ke gunung semeru. Sebelum mendaki Anda ini harus melakuan registrasi dulu di Pos Resort Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Supaya bisa mendaki jangan lupa untuk melengkapi semua persyaratan yang di butuhkan. Untuk bisa sampai ke Desa Ranu Pani, Anda ini bisa mulai perjalaan Anda dari malang atau dari lumajang. Jika dari malang Anda bisa neik keep yang akan langsung mengantar Anda ke Desa Ranu Pani. Jarak yang di tempuh sekitar 64 Km dan waktunya 1,5 hingga 2 jam. 

• Melewati Jalur Pendakian

Jalur dari Desa Ranu Pani ke Ranu kumbolo ini cukup mudah tapi memang agak berliki. Dari Desa Ranu Pani hingga ke landengan Anda ini akan melawati jalan paving blok yang cukup datar yang jaraknya sekitar 3 Km jika sudah Anda baru bisa menemukan jalan setapak. Di sini Anda jangan khawatir dulu karena jalannya masih cukup landai. Total perjalanan yang harus ANda tempuh sampai ke Ranu Kumbolo ini sejauh 10 Km atau selama 3–6 jam. Sepanjang mendaki Anda ini bisa menemukan beberapa pos istirahat berupa gazebo. Selama mendaki Anda harus hati-  hati ya karena posisinya ada di bibir jurang.

• Beristirahat di Tepi Danau 

Anda bisa istirahat disini sambil Anda mengisi persedian Air Anda, pemandangan di Ranu Kumbolo ini sangat indah. Bagi Anda yang pertama kali mendaki sebaiknya Anda ini istirahat disini sebelum melanjutkan perjalanan ke Kalimati. Bagi Anda yang pertama kali mendaki juga sebaiknya Anda menginap semalam di danau ranu kumbolo ini. Pemandangan pagi hari di sini sangat indah jadi jangan sampai untuk Anda lewatkan, karena keindahannya ini hanya bisa Anda dapatkan ketika Anda akan mendaki gunung semeru. 



0 Tanggapan untuk " Tips Pemula Sebelum Naik Gunung Semeru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel