Resume Modul Lokakarya PPG PAI Lengkap - Cuma Berbagi

Resume Modul Lokakarya PPG PAI Lengkap

Resume Modul Lokakarya PPG PAI Lengkap

Tahap kedua PPG Dalam Jabatan, sesuai dengan KMA Nomor 745 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan pada Kementerian Agama adalah Lokakarya Perangkat Pembelajaran dan PTK 2 SKS. Kegiatan lokakarya ini harus diselesaikan dalam 12 hari.

Secara umum, lokakarya adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya. Sebuah lokakarya adalah pertemuan ilmiah yang kecil. Adapun tujuan lokakarya adalah untuk memberikan informasi atau panduan, serta berfokus pada pengajaran keterampilan khusus atau pembahasan topik tertentu. Dalam PPG Dalam Jabatan, kegiatan lokakarya fokus membahas Perangkat Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Tahap pengembangan perangkat pembelajaran ini merupakan kegiatan On the Job Learning yang dilakukan oleh mahasiswa Program PPG Dalam jabatan yang telah menyelesaikan tahap Pendalaman Materi. Tahap ini memiliki bobot 2 (dua) sks yang ekuivalen dengan waktu belajar selama 12 hari kerja.

Tujuan dari tahap kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mendidik dengan pendekatan TPACK, memanfatkan sumber belajar berbasis ICT, dan berorientasi pada HOTS baik luring maupun daring, serta untuk kemudian membuat rekaman video praktik pembelajaran berdasarkan perangkat pembelajaran yang telah disusun.

Lokakarya dalam PPG Dalam Jabatan adalah proses pembimbingan. Forum ini bukan lagi menjadi forum ceramah dosen pembimbing kepada mahasiswa. Oleh karena itu, mahasiswa PPG harus memperbanyak diskusi dan kajian kritis-analitis selama proses lokakarya. Dalam kegiatan lokakarya, mahasiswa PPG harus menyelesaikan beberapa tagihan tugas:

a. Resume Modul

b. Diskusi 

c. Tugas

Sekilas tagihan tersebut terlihat tidak begitu banyak dibandingkan pada tahap pendalaman materi yang ada tes sumatif dan tes akhir modulnya. Namun, ternyata tugas-tugas pada tahap lokakarya ini lumayan banyak, sehingga cukup menyita waktu dan tenaga.

Agar sedikit lebih ringan, alangkah baiknya jika para peserta PPG sudah mulai mencicil tugas resume modul lokakarya terlebih dahulu. Dengan begitu, selanjutnya Anda tinggal fokus pada tugas-tugas perangkat pembelajaran dan tagihan lokakarya yang lain. Sebagai informasi, modul lokarya ini terdiri dari 13 Lembar Kerja .

Nah, di link berikut ini saya akan berbagi referensi Modul Lokakarya PPG PAI dan Resume Modul Lokakarya PPG PAI hasil keikutsertaan saya dalam Program PPG PAI 2021. Silakan diunduh, kemudian lakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Semoga bermanfaat. 

Modul Lokakarya PPG PAI 

Resume Modul Lokakarya PPG PAI

Baca juga:  

Resume Modul Pendalaman Materi PPG PAI

Contoh Dokumen Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) PPG Dalam Jabatan


0 Tanggapan untuk "Resume Modul Lokakarya PPG PAI Lengkap "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel