Cara untuk Mengatasi Demam Pada Anak - Cuma Berbagi

Cara untuk Mengatasi Demam Pada Anak

Cara Untuk Mengatasi Demam Pada Anak
(Image source: pixabay.com/congerdesign)

Demam merupakan salah satu gangguan kesehatan yang seringkali menyerang anak-anak. Demam pada anak memang tidak selalu berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Demam sendiri merupakan reaksi tubuh untuk melawan infeksi secara alami. 

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi demam pada anak, di antaranya:

1. Kompres dengan Air Hangat

Salah satu cara yang paling umum untuk mengatasi demam pada anak adalah dengan memberikan kompres air hangat. Bunda bisa mengkompres dahi anak dengan handuk basah yang hangat. 

2. Asupan Cairan

Pada saat anak mengalami demam, ia berisiko mengalami kehilangan cairan cukup banyak. Maka dari itu, anda harus memastikan kebutuhan asupan cairan yang cukup untuk si kecil untuk mencegah dehidrasi. 

Namun meminta si kecil untuk maun minum air putih terkadang cukup sulit. Maka dari itu, bunda bisa coba memilih cairan lain yang mungkin lebih menarik perhatian anak seperti jus buah encer, kaldu ayam hangat, dan popsicle. 

Dengan begitu, cara yang satu ini bisa memastikan bahwa cairan tubuh si kesil tercukupi dan terhindari dari dehidrasi selama mengalami demam. 

3. Pijat Menggunakan peppermint Oil

Cara mengatasi demam pada anak selanjutnya adalah dengan memijatnya menggunakan ramuan herbal, seperti peppermint oil. Pasalnya, kandungan menthol yang ada pada peppermint oil akan melancarkan hidung tersumbat, sinuistism serta gejala demam lainnya. Caranya cukup mudah, pijatlah dada punggung si kecil secara perlahan. 

4.Kipas Angin 

Perlu diketahui bahwa kipas angin yang diarahkan secara langsung kepada anak bisa membantu menurunkan suhu tubuh. Selain itu, coba bunda berikan pakaian tipis dan selimut tipis selama anak demam. Pasalnya, pakaian yang terlalu tebal justru berisiko menaikan suhu tubuh anak. Selain itu, atur suhu ruangan senyaman mungkin dan tidak terlalu panas. Agar sirkulasi udara baik dan suhu ruangan tetap terjaga, buka jendela kamar. 

5. Makanan Pedas

Jika anak suka makanan pedas, maka berilah si kecil sedikit makanan pedas kesukaannya. Pasalnya, makanan yang sedikit pedas akan membuat anak berkeringat dan melancarkan peredaran darahnya. 

6. Beristirahat Penuh

Beristirahat penuh merupakan cara mengatasi demam pada si kecil yang dinilai sangat ampuh. Terkadang anak-anak tetap aktif bergerak meskipun sedang demam. Padahal, seharusnya mereka dianjurkan untuk beristirahat sampai demamnya mereda. 

Jika anda susah untuk istirahat atau tidur, cobalah bunda untuk membicarakan dongeng di kasur agar anak bisa beristirahat dengan baik. Cara beristirahat dengan penuh ini bisa membantu anak untuk lekas sembuh. 

7. Minum Air Jahe

Jahe bisa bunda manfaatkan untuk meredakan demam pada anak. Pasalnya, rempah yang satu ini memiliki senyawa antibakteri yang membuatnya sangat efektif untuk melawan demam. 

Untuk membuatnya, bunda boleh memotong sedikit jahe dan merebusnya untuk djadikan teh. Namun ingat jangan memberikan rebusan air jahe terlalu banyak sebab bisa menyebabkan nyeri ulu hati. 

8. Obat Penurun Demam

Cara yang terakhir untuk meredakan demam pada anak adalah dengan memberikan obat penurun demam. Ada banyak obat penurun demam yang bisa digunakan salah satunya adalah Paracetamol. Obat penurun demam ini bisa anda berikan pada si kecil jika suhunya mencapai diatas 380C.

Namun ingat, jangan memberikan obat-obatan apapun sebelum mendapatkan rekomendasi dari dokter jika anak bunda masih berusia di bawah 3 bulan. Selain itu, hindari penggunaan obat aspirin pada si kecil lantaran bisa menyebabkan kondisi medis fatal bernama sindrom Reye. 


0 Tanggapan untuk "Cara untuk Mengatasi Demam Pada Anak "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel