7 Menu Hidangan Saat Lebaran Khas Nusantara yang Paling Populer - Cuma Berbagi

7 Menu Hidangan Saat Lebaran Khas Nusantara yang Paling Populer

7 Menu Hidangan Saat Lebaran Khas Nusantara yang Paling Populer
(Image source: pixabay)

Lebaran merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa sebulan lamanya. Biasanya saat merayakan hari lebaran banyak persiapan yang harus dilakukan salah satunya menyiapkan hidangan yang selalu ada saat lebaran. Ya, di Indonesia memang ada menu lebaran khas nusantara yang selalu ada di setiap perayaan hari raya tersebut.

Sebenarnya setiap daerah biasanya memiliki makanan khas daerahnya yang disajikan saat lebaran, tapi ada beberapa menu makanan nusantara yang selalu ada saat lebaran di berbagai daerah manapun. Kira-kira apa sajakah menu lebaran khas nusantara yang paling banyak diminati dan selalu ada dalam hidangan lebaran? Berikut beberapa menu lebaran yang bisa anda ikuti.

1. Opor Ayam

Saat hari raya biasanya Opor Ayam menjadi salah satu makanan wajib yang ada di meja makan. Opor Ayam sendiri merupakan ayam yang dimasak bersamaan dengan kuah santan yang gurih. Biasanya cita rasa opor ayam di tiap daerah juga bisa berbeda-beda, namun meski demikian hampir semua daerah selalu menyediakan opor ayam saaat hari lebaran.

2. Ketupat

Makanan kedua yang selalu ada saat lebaran adalah ketupat, makanan ini terbuat dari beras yang dimasukan kedalam anyaman daun kelapa lalu dimasak selama beberapa jam sampai menghasilakn tekstur seperti ketupat. Biasanya ketupat ini dimakan bersama hidangan lainnya saat lebaran dan jadi pengganti nasi.

3. Sambal Goreng Ati

Makanan yang selalu ada saat lebaran lainnya adalah sambal goreng ati. Biasanya makanan ini menjadi makanan pendamping saat menyantap opor dan ketupat. Sambal goreng Ati ini dibuat dari potongan hati sapi yang dimasak dengan bumbu merah dan biasanya diberi tambahan kentang didalamnya.

4. Semur Daging

Makanan lainnya yang selalu ada saat lebaran adalah semur daging yang merupakan daging yang dimasak dengan bumbu manis. Biasanya semur daging ini juga dimasak bersamaan dengan kentang atau telur. Semur daging ini bisa menjadi alternatif menu lebaran bagi anda yang tidak menyukai makanan bersantan dan berbumbu terlalu pekat.

5. Rendang Daging

Menu makanan yang sering ada saat lebaran lainnya adalah Rendang daging yang merupakan makanan khas padang. Biasanya rendang ini bisa jadi pilihan masakan daging lainnya jika anda kurang menyukai semur daging. Meski memiliki cita rasa dan bumbu yang kuat, rendang ini tetap nikmat jika disantap bersamaan dengan ketupat dan opor ayam.

6. Makanan tradisional

Menu makanan lain yang biasanya selalu ada saat lebaran adalah menu makanan tradisional khas daerah masing-masing. Biasanya setiap keluarga memiliki latar belakang keluarganya tersendiri termasuk beragam makanan khas daerahnya yang selalu disajikan saat lebaran. Salah satu contohnya jika anda orang yang berasal dari Jawa maka saat lebaran anda akan menyajikan makanan khas lebaran yang biasa disajikan oleh orang-orang di Jawa.

7. Aneka kue kering

Saat lebaran biasanya banyak orang juga akan mempersiapkan hal lain selain makanan, yakni kue kering. Aneka kue kering yang biasanya selalu ada saat lebaran antara lain seperti kastengel, nastar, putri salju, dan masih banyak lagi. Aneka kue lebaran yang disajikan ini juga sangat identik, bahkan seperti menjadi salah satu keharusan yang dipersiapkan saat lebaran.

Itulah beberapa jenis makanan khas nusantara yang biasa disajikan saat lebaran. Semoga aneka makanan diatas bisa menjadi salah satu inspirasi anda saat mencari jenis makanan yang akan disajikan untuk lebaran nanti.


0 Tanggapan untuk " 7 Menu Hidangan Saat Lebaran Khas Nusantara yang Paling Populer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel