10 Destinasi Libur Lebaran Favorit di Yogyakarta - Cuma Berbagi

10 Destinasi Libur Lebaran Favorit di Yogyakarta

10 Destinasi Libur Lebaran Favorit di Yogyakarta
(Sepeda hias di Alun-alun Kidul Yogyakarta/Image source: pixabay)

Setelah lebaran dan bersilaturahmi dengan keluarga, biasanya hal yang selanjutnya dilakukan adalah berlibur. Tak heran jika destinasi libur lebaran favorit di Yogyakarta penuh pengunjung yang ingin menikmati sisa libur lebaran.

Bagi kamu yang hendak mudik, jangan lupa pesan tiket kereta dari Solo ke Jogja di Traveloka Lifestyle Superapp terlebih dahulu, ya! Sebaiknya pemesanan dilakukan jauh-jauh hari agar bisa dapat tiket yang lebih murah dan kursi yang lebih banyak.

Di tahun 2022 ini, pemerintah sudah mengizinkan masyarakat untuk mudik dan menikmati libur lebaran. Hal ini adalah kabar baik karena dengan adanya izin ini juga meningkatkan pariwisata di daerah.

Salah satu destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung adalah Yogyakarta. Bagi kamu yang mudik ke Jogja dan sekitarnya, terdapat tujuan libur lebaran favorit di Negeri Para Sultan ini lho! Yuk, simak mana saja tujuan wisatanya!

1. Keraton Jogja

Destinasi wisata yang pertama dan selalu penuh pengunjung adalah Keraton Kesultanan Yogyakarta Hadiningrat. Tempat ini selalu jadi tempat yang bikin penasaran banyak orang, baik wisatawan dalam maupun luar negeri. Keraton Jogja biasanya akan membuka tempatnya saat libur lebaran tiba, dan kamu dapat foto-foto sekaligus menikmati suasana Keraton ini.

2. Taman Sari

Masih dalam komplek Keraton Jogja, destinasi wisata selanjutnya yaitu Taman Sari. Konon dulunya tempat ini jadi tempat mandi para putri raja. Selain itu, terdapat terowongan dan tempat bersejarah lain di sekitar Taman Sari. Dengan benteng putih dari kapur, tempat ini asyik jadi tempat foto-foto, lho.

3. Alun-Alun Kidul

Mau keinginan dikabulkan? Yuk, coba tantangan melewati dua pohon Beringin sambil menutup mata di Alun-Alun Kidul Yogya! Kalau tidak membawa penutup mata, kamu bisa sewa atau menggunakan penutup mata apa pun. Katanya, jika kamu dapat melewati kedua pohon tanpa berbelok, artinya keinginanmu akan segera terkabul.

Setelah itu, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner sekitar termasuk Cilok Gajahan yang terkenal dan tak pernah sepi pengunjung.

4. Museum Benteng Vredeburg

Terletak di titik 0 KM Jogja, tepatnya di depan Istana Negara, Museum Benteng Vredeburg ini juga bisa kamu kunjungi saat libur lebaran bersama keluarga. Harga tiket masuknya cukup murah, fasilitasnya lengkap, dan kamu bisa mendapat informasi tentang sejarah Indonesia. Museum ini juga bersebelahan dengan Benteng yang dulunya dibangun saat perang melawan Belanda, lho.

5. Pantai Parangtritis

Yogyakarta tak pernah habis akan destinasi wisata. Selain wisata sejarah dan budaya, wisata alamnya juga masih asri dan indah, salah satunya Pantai Parangtritis yang ada di Kabupaten Bantul. Pantai yang luas dan lega ini memiliki berbagai fasilitas wisata, seperti WC, sewa tenda, bukit paralayang, dan tempat makan. Tapi, sebenarnya di Pantai Parangtritis ini tidak boleh berenang karena ombaknya yang besar dan langsung berhubungan ke Samudera Hindia. Kamu hanya boleh main air di tepi pantai saja.

6. Kebun Binatang Gembira Loka

Destinasi wisata untuk mengisi libur lebaran lainnya adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Beralamat di Jl. Kebun Raya no. 2, tempat ini selalu penuh wisatawan untuk mengunjungi berbagai jenis satwa. Selain itu, terdapat fasilitas lain untuk dinikmati bersama keluarga, seperti tunggang gajah, dan naik kereta satwa.

7. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu berada di Jl. Boyong Taman Wisata dekat dengan Desa Kaliurang. Di museum ini disimpan berbagai peninggalan Kerajaan Mataram, kerajaan yang dulu ada di Yogyakarta. Berbagai peninggalannya berupa keris, lukisan, dan sebagainya.

8. Sindu Edu Park

Sindu Edu Park juga bisa jadi destinasi wisata lain saat mengisi libur lebaran. Taman wisata ini menawarkan berbagai wahana, seperti bianglala, roller coaster, dan sebagainya. Selain tempat wisata, di sini juga dilengkapi fasilitas, seperti WC, mushola, tempat parkir luas, dan toko souvenir.

9. Jogja Bay

Mau main waterboom di Jogja? Ada! Jogja Bay merupakan taman wisata air dan waterboom yang berada di Jogja. Tempat ini bersebelahan dengan Stadion Maguwoharjo dan cukup mudah untuk mengakses tempat ini. Jangan lupa siapkan baju renang dan baju ganti sebelum bermain di Jogja Bay, ya!

10. Merapi Lava Tour

Merapi Lava Tour juga bisa dijadikan wisata seru dan menantang saat libur lebaran tiba. Di sini kamu bisa berkunjung ke bunker Merapi, Museum Sisa Hartaku, dan tempat menarik lainnya dengan naik mobil Jeep. Harga tur ini juga beragam sesuai dengan destinasi mana saja yang akan dikunjungi.

Itu tadi adalah destinasi wisata di Jogja untuk mengisi libur lebaran. Selamat mencoba!


0 Tanggapan untuk " 10 Destinasi Libur Lebaran Favorit di Yogyakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel