Cari Tahu Legenda, Asal Usul, dan Gambar Danau Toba - Cuma Berbagi

Cari Tahu Legenda, Asal Usul, dan Gambar Danau Toba

Cari Tahu Legenda, Asal Usul, dan Gambar Danau Toba
(Image source: pixabay/danielmorrism)

Danau Toba merupakan salah satu wisata alam di Sumatera Utara yang sangat populer hingga ke mancanegara. Bahkan, gambar Danau Toba sering dimasukkan ke buku cerita atau buku pelajaran SD. Pasalnya, danau yang sebenarnya merupakan danau vulkanik ini memiliki legenda dan asal-usul yang menarik dan sarat makna. Danau Toba sendiri termasuk danau terbesar di Indonesia yang menjadi ikon wisata di kawasan Parapat, Sumatera Utara. Adapun legenda dan asal-usul dari danau ini adalah sebagai berikut:

Legenda dan Asal Usul Danau Toba

Berdasarkan legenda yang tersebar, Danau Toba merupakan danau yang terbentuk akibat terbongkarnya rahasia putri jelmaan ikan mas. Alkisah, ada seorang petani tekun bernama Toba yang menghabiskan hampir setiap harinya untuk bercocok tanam.

Di sela kesibukannya, Toba juga sering mencari ikan untuk dijual atau dijadikan lauk sendiri. Suatu ketika ia mendapatkan ikan mas yang sangat besar kemudian menyimpannya. Tak lama kemudian, ikan tersebut berubah menjadi gadis cantik jelita yang dikutuk menjadi seekor ikan mas. 

Sebagai ucapan terima kasih karena telah menyelamatkannya dari kutukan, putri tersebut bersedia untuk dinikahi Toba. Namun sebelum menikah putri tersebut mengajukan syarat agar tak menunjukkan jati diri yang merupakan seekor ikan kepada siapa pun, terutama kepada anaknya kelak. Toba pun setuju kemudian mereka menikah.

Tak berselang lama, Toba dan putri ikan mas memiliki anak laki-laki yang diberi nama Samosir. Sayangnya, Samosir tumbuh menjadi anak yang sedikit nakal dan mempunyai nafsu makan yang lumayan besar. 

Suatu ketika, Samosir diminta ibunya untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya yang sedang bekerja di ladang. Di tengah perjalanan, Samosir justru merasa kelaparan dan malah memakan makanan ayahnya hingga hanya tersisa sedikit.

Mengetahui hal tersebut, Toba yang sudah lapar berat langsung marah besar. Ia pun meluapkan kemarahannya dengan mengumpat Samosir dengan sebutan anak ikan yang tak tahu diuntung.

Samosir pun sangat sedih kemudian berlari pulang untuk mengadu dan menanyakan kebenaran perkataan Toba kepada ibunya. Setelah itu sang ibu langsung berdiri sambil memegang tangan Samosir. Dalam sekejap mata, mereka sudah menghilang dan di bekas pijakan kaki mereka mengalir air yang sangat deras.

Aliran air tersebut tak bisa berhenti hingga akhirnya seluruh desa itu tenggelam. Akibat peristiwa ini terbentuklah sebuah danau besar yang akhirnya diberi nama Danau Toba. Sementara itu pulau kecil yang ada di tengah danau diberi nama Pulau Samosir.  

Gambar Danau Toba

Gambar Danau Toba yang sangat indah pastinya menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya langsung. Saking indahnya, nggak heran kalau tempat ini selalu ramai dikunjungi apalagi saat musim liburan. Melihat gambar danau toba di bawah ini pasti membuat Anda ingin segera ke sana kemudian berfoto dan mengunggahnya di Instagram.

Itulah sedikit ulasan tentang legenda atau asal usul Danau Toba yang tidak banyak diketahui. Jika berminat mencari tahu inspirasi wisata lainnya, Anda bisa mencari tahunya di indonesia.travel. Indonesia.travel sendiri merupakan sebuah situs yang dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Di sana ada berbagai sajian informasi mengenai berbagai destinasi wisata untuk Anda yang ingin liburan ke Lombok, Bali, Yogyakarta, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menemukan tips berwisata dan pilihan kuliner nikmat yang bisa disantap di sekitar destinasi. Semoga bermanfaat!


0 Tanggapan untuk " Cari Tahu Legenda, Asal Usul, dan Gambar Danau Toba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel