11 Bagian Penting yang Dimiliki Oleh Bunga - Cuma Berbagi

11 Bagian Penting yang Dimiliki Oleh Bunga

11 Bagian Penting yang Dimiliki Oleh Bunga
(Image source: pixabay/Pezibear)

Bagian yang paling cantik yang ada di tanaman adalah bunga, bunga ini sering sekali dipakai untuk menghias rumah. Terdapat beberapa jenis bunga juga yang menjadi lambang untuk cinta, kesucian, bahkan hingga kematian.

Bunga ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk perkembangan generative. Proses tersebut merupakan proses pembuahan atau kawin, singkatnya bunga ini meripakan organ reproduksi. Pada kesempatan kali ini yuk kita bahas mengenai 11 bagian-bagian bunga.

Kelopak Bunga

Bagian paling luar yang dimiliki oleh bunga namanya kelopak bunga atau calyx, warnanya ini hijau atau coklat dan bentuknya mirip dengan daun. Bagian kelopak ini punya fungsi untuk melindungi mahkota saat kuncup. Saat mahkota mekar maka kelopak juga akan ikut mekar.

Mahkota Bunga

Salah satu bagian bunga yang memiliki warna yang cukup mencolok dan mudah untuk diwarnai adalah mahkota bunga. Bagian yang satu ini memilik fungsi untuk penyerbukan bunga dan menarik perhatian dari serangga supaya bisa hinggap.

Selain itu fungsi lain dari mahkota ini adalah melindungi benang sari dan putik. Jumlah kelopak yang ada di mahkota bunga ini biasanya hanya ada 5 helai saja, posisinya biasanya ada di lingkar dalam pada kelopak bunga.

Kepala Putik

Bagian lainnya yang sangat penting pada bunga adalah putik, putik ini merupakan alat reproduksi untuk bunga betina atau bisa juga disebut gynoecium. Maka dari itu bagian yang satu ini memiliki sel telur untuk bereproduksi. Posisi pada putik ini biasanya ada di tengah bunga, dan di bagi menjadi 3 bagian.

Tangkai Putik

Saluran penghubung untuk ovarium dan kepala putik ini di sebut tangkai putik fungsi lain dari tangkai putik ini adalah untuk menyangga kepala putik supaya bisa berdiri dengan tegak dan juga tetap ada diposisinya. Pada bagain ini ada tabung serbuk sari yang dipakai untuk membantu proses pembuahan dengan cara mengantarkan polen pada bagian bakal buah.

Benang Sari

Organ reproduksi yang ada pada bunga yaitu benang sari dan juga putik, bagian tersebut adalah alat kelamin jantan. Cara kerja dari benang sari ini yaitu dengan cara mikrosporangium dan juga spora haploid dengan melepaskan sebuk sari dengan bantuan agen penyerbukan. 

Bakal Biji

Bagian yang satu ini biasanya sangat mudah ditemukan pada tumbuhan yang memiliki biji. Sedangkan untuk buunga bakal biji ini punya fungsi untuk melindungi sel telir dan menjadi tempat untuk pertemuan sel telur yang akan dibuahi. Posisi bakal biji ini aka nada didalam buah.

Bakal Buah

Bagian yang sati ini sebenarnya masih satu bagian dengan putik, tapi bagain yang satu ini punya fungsi yang sangat penting jadi terpisan mejasi komponen tersendiri. Di dalam bakal buah ini terdapat sel telur. Dalam bagian ini jadi tempat untuk tempat pembuahan yaitu untuk peleburan antara sel telur betina dan jantan yang nantinya menghasilkan buah.

Dasar Bunga

Dasar bunga ini adalah tempat dimana mahkota dan juga komponen lainnya yang ada pada bunga bisa tetap menempel walaupun banyak diterpa oleh angina.

Daun Pelindung

Daun pelindung ini belum tentu dimiliki oleh semua bunga, tapi jika ada bagian yang satu memiliki fungsi untuk jadi tempat mahkota bunga melekat.

Tangkai Bunga

Bagian yang terakhir adalah tangkai bunga, bagian yang satu ini memiliki fungsi untuk jadi penyokong dari bunga dan juga ranting. Untuk setiap bunga biasanya memiliki ukuran diameter yang beda-beda.


0 Tanggapan untuk " 11 Bagian Penting yang Dimiliki Oleh Bunga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel