Resume Modul Pendalaman Materi PPG PAI Lengkap - Cuma Berbagi

Resume Modul Pendalaman Materi PPG PAI Lengkap

Resume Modul Pendalaman Materi PPG PAI Lengkap

Sesuai dengan KMA Nomor 745 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan pada Kementerian Agama, dan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2251 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan pada Direktoral Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2021, Program PPG dalam Jabatan bagi Guru Madrasah dan PAI dilaksanakan dengan 9 (sembilan) tahapan, antara lain:

  1. Pendalaman Materi 5 SKS (30 hari)
  2. Lokakarya Perangkat Pembelajaran dan PTK 2 SKS (12 hari)
  3. Review Perangkat Pembelajaran, PTK dan Peer Teaching 1 SKS (8 hari)
  4. Uji Komprehensif 3 hari
  5. PPL I (RPP 1 dan 2) 2 SKS (12 hari)
  6. Review PPL I (RPP 1 dan 2) 1/2 SKS (4 hari)
  7. PPL II (RPP 3) 1 SKS (6 hari)
  8. Review PPL II (RPP 3) 1/2 SKS (4 hari)
  9. UKMPPG (Uji Kompetensi Mahasiswa PPG), terdiri dari: Uji Kinerja (UKin) dan Portofolio: 4 hari dan Uji Pengetahuan (UP): 2 hari

Nah, mengingat begitu banyak tahapan yang harus dilalui serta begitu padatnya jadwal yang, sudah seharusnya Anda para peserta PPG Dalam Jabatan 2022 mempersiapkan diri sebaik mungkin. Selain selalu menjaga kesehatan tubuh dan mengatur waktu sebaik mungkin, Anda juga harus mempersiapkan dengan seksama tahapan demi tahapan.

Untuk tahap pertama, yaitu Pendalaman Materi selama 30 hari. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PPG secara mandiri dan daring untuk mempelajari serta mendalami materi-materi PPG, berdiskusi dan berlatih menjawab soal-soal secara daring di bawah bimbingan dosen pengampu.

Kegiatan ini memiliki bobot 5 (lima) SKS dan harus diselesaikan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari. Mahasiswa PPG pada tahp ini wajib menuntaskan dalam mempelajari 6 modul keprofesian dan 4 modul pedagogik. Masing-masing modul ini terdiri dari 4 Kegiatan Belajar (KB). Jadi jumlah modul pada tahap Pendalaman Materi sebanyak 10 modul atau 40 KB. Setiap 3 hari, mahasiswa PPG wajib menyelesaikan pembelajaran 1 modul (4 KB).

Penilaian sistem Daring di setiap modul pada tahap Pendalaman Materi terdiri dari 4 komponen yaitu:

a.  Resume Modul

b.  Diskusi

c.  Tes Sumatif/Review Hasil Pretest

d. Tes Akhir Modul

Di antara 4 komponen tersebut, yang biasanya cukup menguras waktu dan tenaga adalah membuat resume. Resume atau ringkasan memang merupakan cara yang efektif untuk menyajikan tulisan yang panjang dalam sajian yang singkat. Itulah sebabnya mahasiswa PPG dalam jabatan harus membuat resume di setiap Kegiatan Belajar (KB). Setiap modul sendiri terdiri dari 4 KB sehingga setiap modul mahasiswa memiliki tugas resume 4 kali. Resume tersebut disusun sesuai dengan isi materi yang ada pada modul, sebagai tolok ukur dan bukti ketercapaian pembelajaran peserta PPG secara mandiri.

Lantas, bagaimana sebenarnya metode membuat resume? Menurut referensi yang saya baca, metode dalam menyusun resume pada dapat diuraikan sebagai berikut:

a. Peserta wajib mengunduh dan membaca terlebih dahulu naskah dalam modul serta sumber belajar lainnya yang terkait.

b. Resume yang disusun dapat berupa uraian maupun poin-poin, yang pasti harus memuat tentang konsep dasar yang dipahami oleh peserta. (misalnya: pengertian/konsep, tujuan atau manfaat, dan prosedur atau langkah-langkah) dan makna pembelajaran (lesson learn) yang telah dipahami peserta baik selama membaca modul.

c. Peserta menuliskan resume dalam file word kemudian diubah menjadi PDF untuk selanjutnya diuplad pada LMS sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

d. Resume yang dikerjakan harus merupakan hasil kerja sendiri dan memiliki perbedaan di antara masing-masing peserta PPG.

Sebagai referensi, berikut ini ini saya akan berbagi link Modul Pendalaman Materi PPG PAI dan Resume Modul Pendalaman Materi PPG PAI hasil keikutsertaan saya dalam Program PPG PAI 2021. Silakan diunduh, kemudian lakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Di dalam beberapa folder tersebut, juga ada soal tes sumatif yang bisa dipelajari. Semoga bermanfaat.

Modul Pendalaman Materi PPG PAI

Resume Modul Pendalaman Materi PPG PAI


Baca juga:

Resume Modul Lokakarya PPG PAI 

Contoh Dokumen Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) PPG Dalam Jabatan


0 Tanggapan untuk "Resume Modul Pendalaman Materi PPG PAI Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel