Sebelum Membeli Rumah, Pertimbangkan 5 Hal Berikut - Cuma Berbagi

Sebelum Membeli Rumah, Pertimbangkan 5 Hal Berikut

Sebelum Membeli Rumah, Pertimbangkan 5 Hal Berikut

Membeli rumah melalui developer atau pengembang properti saat ini memang masih menjadi pilihan yang paling digemari oleh masyarakat. Bagaimana tidak, prosesnya terasa jauh lebih mudah dan lebih praktis jika dibandingkan dengan membeli rumah melalui perorangan yang biasanya membutuhkan waktu khusus untuk mengurusi sertifikat serta surat-surat perizinan lainnya. Apalagi jika dibandingkan dengan membeli tanah kemudian membangun rumah sendiri yang tentunya akan menguras waktu, tenaga, dan pikiran.

Ya, tak bisa dimungkiri membeli rumah melalui developer memang banyak keuntungannya. Selain prosesnya yang lebih praktis, membeli rumah melalui developer juga memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran dengan sistem KPR. Namun, meski lebih mudah dan lebih praktis, agar tidak merasa kecewa di kemudian hari, tentu saja ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum kita memutuskan untuk membeli rumah melalui developer. So, sebelum kalian membeli rumah, pertimbangkan 5 hal berikut ya.

1. Lokasi Rumah

Hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah adalah lokasi rumah. So, sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan kita sudah melakukan survey terhadap lokasi rumah untuk mengetahui apakah lokasi rumah yang akan kita beli cukup strategis atau tidak, serta apakah lokasi rumah tersebut bebas banjir serta dan jauh dari kawasan bencana. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, baik rumah tersebut akan kita jadikan sebagai instrumen investasi maupun untuk hunian pribadi. Pasalnya, lokasi rumah akan sangat berpengaruh pada tingginya nilai jual serta kenyamanan bagi penghuninya.

2. Spesifikasi Bangunan

Saat menawarkan rumah, biasanya developer akan mencantumkan spesifikasi bangunan secara detail pada brosur yang mereka bagikan kepada para calon pembeli. Meskipun sudah disampaikan dalam brosur, ada baiknya jika kita tetap melakukan pengecekan secara langsung terhadap spesifikasi rumah, mulai dari jenis rangka atap, material dinding, hingga material lantai, serta material lain yang digunakan sesuai dengan yang ditawarkan. Pastikan juga bahwa developer menggunakan bahan bangunan yang benar-benar berkualitas, sehingga struktur bangunan rumah terasa kokoh dan tahan lama.

3. Reputasi Developer

Selain lokasi rumah dan spesifikasi bangunan, reputasi developer atau pengembang juga menjadi salah satu hal yang wajib dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Pasalnya, mulai dari proses pembelian hingga rumah tersebut menjadi milik kita secara resmi, developerlah yang akan menjadi perantaranya. Oleh karena itu, pastikan rumah yang akan kita beli dikembangkan olehdeveloper yang memiliki reputasi baik. Developer yang memiliki reputasi yang baik biasanya cukup berpengalaman serta memiliki track record penjualan rumah yang baik pula.

4. Surat Perizinan

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebelum membeli rumah alangkah baiknya jika kita melakukan pengecekan kembali terhadap berbagai dokumen administrasi serta perizinan pembangunan proyek perumahan. Selain itu, pastikan juga apakah harga rumah yang ditawarkan sudah mencakup biaya administrasi, mulai dari biaya Akta Jual Beli (AJB), biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), biaya Pajak Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), hingga biaya administrasi yang lain.

5. Fasilitas Publik

Satu hal lagi yang tak boleh kita lewatkan saat akan membeli rumah adalah mempertimbangkan kelengkapan fasilitas publik yang ada di sekitarnya. Ya, konsep rumah yang nyaman, bagi sebagian orang adalah rumah yang dekat dengan fasilitas umum seperti fasilitas kesehatan, tempat ibadah, lembaga pendidikan, pusat perbelanjaan, kolam renang, taman bermain, serta berbagai fasilitas publik lainnya. Jadi, sebisa mungkin pilihlah rumah yang tak jauh dari fasilitas publik tersebut ya. Sebagai contoh, adalah perumahan yang dikembangkan oleh PT Astra Modern Land, yaitu Asya Jakarta Garden City.

Asya Jakarta merupakan perumahan eksklusif yang terletak di Jl. Asya Boulevard, Jakarta Garden City, Jakarta Timur yang menawarkan konsep premium township dengan berbagai fasilitas publik, mulai dari fasilitas kesehatan seperti Siloam Clinic, Rumah Sakit Gading Pluit, dan RS Mitra Keluarga, lembaga pendidikan seperti Sekolah Global Mandiri, North Jakarta International School, Singapore International School, BPK Penabur, dan Al-Azhar, hingga pusat akses transportasi seperti Bandara Halim Perdana Kusuma, Stasiun Cakung, LRT Kelapa Gading, LRT Cawang-Bekasi, dan MRT Ujung Menteng-Kalideres.

Selain itu, perumahan yang dikembangkan oleh salah satu anak perusahaan Astra ini jugadekat dengan  berbagai pusat perbelanjaan seperti AEON Mall Jakarta Garden City, IKEA Jakarta Garden City, dan Pasar Modern JGC. Lebih menarik lagi, karena Asya Jakarta juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik lainnya, mulai dari kolam renang, club house, kamera keamanan, fasilitas olahraga, hingga area bermain. Lokasinya yang strategis serta fasilitasnya yang sangat lengkap tentu menjadikan perumahan Asya Jakarta sangat pas jika digunakan sebagai hunian serta investasi masa depan.

Nah, itulah 5 hal penting yang perlu kita pertimbangkan sebelum membeli rumah. Pastikan kalian sudah mempertimbangkan kelima hal tersebut ya, agar pembelian rumah terasa menguntungkan dan tidak menyisakan kekecewaan di kemudian hari.


0 Tanggapan untuk " Sebelum Membeli Rumah, Pertimbangkan 5 Hal Berikut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel