Sejarah Dunia dan Cara Bermain Tenis Meja - Cuma Berbagi

Sejarah Dunia dan Cara Bermain Tenis Meja

Sejarah Dunia dan Cara Bermain Tenis Meja
(Image source: pixabay/djimenezhdez)

Mungkin diantara kalian permainan bola tenis ini sudah tidak asing lagi, tenis ini adalah salah satu olah raga yang membutuhkan bet, meja, dan juga bole kecil untuk bermain.

Permainan tenis meja ini biasanya diajarkan kepada anak kelas 1 SMP dan di jadikan  sebagai ujian praktek di sekolah saat sudah kelas 3 SMP. Tapi bagi Anda yang ingin bermain tenis meja dari kecil Anda bisa ikut les.

Jenis olahraga yang satu ini juga sering sekali mengadakan beberapa turnamen, olah raga yang satu ini juga masuk ke dalam cabang olah raga yang dimainkan di olimpiade.

Sejarah Tenis Meja Dunia 

Permainan yang satu ini pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Inggris pada tahun 1880an di abad ke 19. Permainan ini menjadi salah satu permainan yang sering dimainkan saat musim dingin datang.

Bukan hanya itu tenis meja juga hanya dimainkan oleh orang yang ada di kelas atas dan dimainkan di dalam ruangan saat acara makan malam telah selesai. Jaman dulu permainan yang satu ini namanya adalah gossima dan whiff-whaff.

Angkatan bersenjata yang ada di Inggris ini lalu mengembangkan permainan yang saru ini, dari hal ini maka permainan tenis meja ini jadi lebih banyak disukai oleh orang Inggris, Amerika, hingga orang Eropa.

Pada saat hal tersebut terjadi, permainan yang satu ini namanya berubah jadi gossima atau pingpong. Lalu di tahun 102 mulai dibentuk sebuah organisasi pingpong, tapi organisasi tersebut tidak bisa bertahan lama dan bubae di tahun 1905

Selanjutnya di tahun 1921-1922 organisasi ini mulai akfit lagi dan di saat itulah mana tenis meja juga muncul. Setelah itu tenis meja ini terus berkembang. Ada seorang pemain tenis meja yang asalnya dari Jerman, Inggris, dan Hongaria mereka semua ini berkumpul lalu membuat lagi organisasi tenis meja untuk tingkat internasional.

Nama organisasinya adalah Federation Internationale de Tennis de Table atau International Table Tennis Federation. Organisasi ini berdiri di tahun 1926 dan didiprakarsai oleh Dr George Lehmann

Dulu anggota dari organisasi ini hanya ada para pemain yang asalnya dari Inggris, Wales, Austria, Cekoslowakia, Jerman, Denmark, India, Hongaria, dan Swedia. Tapi organisasinya ini semakin berkembang dan di tahun 90an sudah ada 165 lebih negara yang bergabung didalamnya.

Cara Bermain Tenis Meja

Bagi Anda yang ingin bermain tenis meja ini salah satu alat penting yang Anda butuhkan ini adadal meja pingpongm satu bet atau raket untuk seorang pemain, dan sebuah bola pingpong.

Saat bermain, para pemain ini harus bisa memukul bola menggunakan bet degan cara memantulkannya di atas meja. Jika nanti lawan tidak bisa untuk memantulkan bola lagi maka pemain satunyalah yang akan mendapatkan poin.

Lalu jika ada seorang pemain yang melempar bola lalu bolanya ini memantul dan ada di luar area permainan maka bole ini dianggap out dan pointnya diberikan untuk lawan.

Dalam tenis meja permainannya ini dilakukan dalah dua putaran, untuk masing-masing putaran ini membutuhkan 11 poin dengan selisih 2 poin antar pemain. Jadi jika ada pemain A telah mendapatkan 11 poin lalu pemain B ini hanya dapat 9 poin atau di bawahnya lagi maka kemenangan diraih pemain A, tapi apabila terjadi deuce, maka pointnya ini terus dilanjutkan hingga selisihnya 2.


0 Tanggapan untuk " Sejarah Dunia dan Cara Bermain Tenis Meja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel