Review Bacaan Sholawat Nabi Beserta Artinya - Cuma Berbagi

Review Bacaan Sholawat Nabi Beserta Artinya

Review Bacaan Sholawat Nabi Beserta Artinya
(Image source: pixabay/Abdullah_Shakoor)

Bacaan sholawat Nabi tentunya wajib diamalkan oleh setiap Muslim. Pasalnya, sholawat kepada Nabi juga merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah SWT. Itu sebabnya, mengapa sholawat Nabi memiliki beragam keutamaan bagi setiap Muslim yang mengamalkannya. 

Akan tetapi, masih banyak kalangan Muslimin maupun Muslimah yang melafalkan sholawat Nabi secara tidak beraturan. Bahkan, ada pula sebagian dari mereka yang sama sekali mengenai bacaan sholawat Nabi. 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar bacaan sholawat Nabi lengkap beserta artinya. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW

Umumnya terdapat berbagai bacaan sholawat Nabi Muhammad SAW yang harus kita amalkan, seperti Maysurah, Tibbil Qulub, dan Nariyah. Adapun mengenai bacaan sholawat Nabi beserta artinya seperti berikut:

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa’ala ali Muhammad

Artinya: “Ya Allah, berilah selawat (sanjungan) kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada keuarga Nabi Muhammad SAW.”

Membaca sholawat Nabi Muhammad SAW ini memiliki keutamaan, yakni dapat membantu untuk mendamaikan hati serta menghilangkan kesedihan. Sebagaimana yang tertulis dalam sebuah hadis riwayat Ibnu Mundah dan Jabir, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa membaca shalawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca shalawat kepadaku 100 kali maka Allah akan meng-ijabahi 100 kali hajatnya: 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia… Dan hadis Rasulullah yang mengatakan: perbanyaklah shalawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan.”

2. Sholawat Thibbil Qulub

Istilah Thibbil Qulub itu sendiri berarti “penyembuh hati”, sehingga siapa saja yang membaca sholawat tersebut dapat menghindari kita dari berbagai penyakit hati. Sholawat Thibbil Qulub ini juga biasa disebut dengan sholawat Nurul Abshar yang artinya “cahaya mata hati”. 

Lantas, bagaimana bacaan sholawatnya? Adapun bacaan Thibbil Qulub beserta artinya seperti berikut:

Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa’aafiyatul abdaani wa shifaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa inhaa wa ‘aaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

3. Bacaan Sholawat Nariyah

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasalim salaaman. Taman ‘ala sayyidina Muhammadi lladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdhobihil hawaaiju wa tuna lu bihiro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa’ala aalihi wahshohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkan salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Menurut informasi yang didapat, salah satu keutamaan dari sholawat Nariyah ini adalah dibukakannya pintu rezeki. Bukan hanya itu, bahwa sholawat Nariyah juga memiliki keutamaan lainnya, yakni akan mendapatkan pangkat kedudukan serta tingkatan orang kaya.  


0 Tanggapan untuk " Review Bacaan Sholawat Nabi Beserta Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel