Tips Berinvestasi Properti di Masa Pandemi - Cuma Berbagi

Tips Berinvestasi Properti di Masa Pandemi

Tips Berinvestasi Properti di Masa Pandemi

Meski menjadi salah satu sektor yang terdampak akibat pandemi Covid-19, properti tetap menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, jika dibandingkan dengan investasi lain seperti saham, deposito, ataupun reksadana, investasi properti tentu lebih minim dalam hal risiko.

Meski demikian, tentu saja Anda sebagai konsumen tetap harus jeli dalam bertransaksi agar investasi properti tidak berujung pada kerugian. Pasalnya, sebagaimana kita tahu, tidak ada investasi yang benar-benar tanpa risiko. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi properti di masa pandemi.

Pilihlah Lokasi yang Tepat

Lokasi merupakan salah satu hal penting yang harus Anda tentukan terlebih dahulu sebelum membeli rumah. Terlebih, jika tujuan Anda membeli rumah adalah untuk berinvestasi. Pasalnya, sebagian besar orang yang akan membeli rumah, pasti akan memilih rumah yang terletak di lokasi yang strategis. Nah, atas dasar itulah, lokasi menjadi salah satu faktor utama yang wajib untuk diperhatikan sebelum memulai berinvestasi properti.

Lebih dari itu, lokasi properti juga sangat berpengaruh pada harga jual. Lokasi rumah yang strategis, mudah dijangkau, dan dekat dengan pusat keramaian serta fasilitas umum tentu lebih menguntungkan. Selain memiliki harga jual yang cukup tinggi, harganya jualnya juga lebih cepat naik serta cenderung lebih cepat laku.

Persiapkan Dana Sebaik Mungkin

Selain memilih lokasi yang strategis, kesiapan dana juga menjadi salah satu faktor yang penting sebelum kita memutuskan untuk berinvestasi properti. Terlebih, di masa pandemi yang penuh dengan ketidakpastian seperti saat ini. Sebelum membeli rumah untuk investasi, Anda harus benar-benar mempersiapkan dananya terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Beberapa dana yang harus Anda siapkan sebelum berinvestasi properti tersebut meliputi beberapa hal. Di antaranya adalah dana untuk booking fee alias biaya tanda jadi yang biasanya akan ditentukan oleh pengembang, uang muka, dan dana untuk pelunasan jika Anda membeli rumah dengan cara cash atau dana angsuran jika Anda membeli rumah untuk investasi tersebut dengan sistem kredit. 

Pilihlah Pengembang yang Terpercaya

Tips selanjutnya yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memulai berinvestasi dalam bentuk properti adalah memilih pengembang yang terpercaya. Oleh karena itu, sebisa mungkin sebelum membeli sebuah properti, Anda sudah mengetahui latar belakang pengembang dari properti yang akan Anda beli. Mulai dari legalitas perizinan hingga kualitas bangunannya.

Di zaman yang serba digital ini, untuk mengetahui track record suatu pengembang sebenarnya cukup mudah. Karena biasanya, seluruh informasi tentang pengembang bisa diakses melalui berbagai artikel dan laman produk di internet. Misalnya saja, jika Anda ingin berinvestasi properti di Suvarna Sutera, sebuah kota baru dengan luas 2.600 hektare yang ada di Tangerang, Anda bisa mencari informasi tentang pengembangnya melalui Google.

Setelah mencari tahu berbagai informasi tentang properti tersebut, kita tentu akan mengetahui bahwa properti di Suvarna Sutera ini dikembangkan oleh Alam Sutera Group, yaitu salah satu pengembang properti ternama, terpercaya, dan berpengalaman dalam bidang properti sejak tahun 1994.

Tak hanya itu, kita juga bisa mengetahui tentang lokasi properti yang akan kita beli tersebut strategis atau tidak. Seperti kita tahu, di masa pandemi ini pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan, mulai dari kewajiban untuk selalu mematuhi protokol Covid-19, melakukan physical distancing, hingga berbagai pembatasan kegiatan sosial yang menyebabkan kita tidak leluasa melakukan survey ke lokasi keberadaan properti.

Seperti properti di Suvarna Sutera. Jika kita mengakses situs suvarnasutera.co, maka kita akan mengetahui bahwa properti ini berada di lokasi yang sangat strategis. Terletak di jalur perdagangan Jakarta-Merak dengan jarak ke Exit tol Pasar Kemis hanya 500 meter saja, serta ditunjang dengan berbagai sarana dan fasilitas yang cukup lengkap. Oleh karena itu, menurut saya, properti di kawasan seperti ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai investasi masa depan.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi properti di masa pandemi. Dengan memperhatikan tips-tips tersebut, investasi properti di masa pandemi pun akan terasa aman dan menguntungkan. Tertarik untuk berinvestasi di masa pandemi seperti ini? Jangan lupa untuk memperhatikan tips-tips sederhana di atas ya!


0 Tanggapan untuk " Tips Berinvestasi Properti di Masa Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel