6 Cara Mudah Memilih Softlens yang Tepat untuk Mata - Cuma Berbagi

6 Cara Mudah Memilih Softlens yang Tepat untuk Mata

6 Cara Mudah Memilih Softlens yang Tepat untuk Mata
(Image source: pixabay)

Kalau kita perhatikan, penggunaan softlens atau lensa kontak dewasa ini tak sekadar sebagai alat bantu penglihatan semata. Namun, lebih dari itu. Softlens kini juga sebagai asesoris yang dinilai mampu membuat penampilan mata seseorang menjadi semakin menarik dan menawan. Ya, softlens kini memang telah menjadi sebuah tren yang semakin digemari oleh banyak orang. Terlebih, bagi kaum Hawa. Setuju nggak?

Apapun tujuan penggunaan softlens—baik itu hanya sebagai pengganti fungsi kacamata bagi pemilik mata minus atau sekaligus sebagai penunjang penampilan agar semakin terlihat cantik—sebenarnya sah-sah saja. Asalkan, kita menggunakan softlens yang memang benar-benar tepat untuk mata, sehingga tidak menimbulkan iritasi pada mata.

Lantas, bagaimana sih cara memilih softlens yang tepat agar mata tetap sehat sekaligus bisa membuat penampilan menjadi semakin menarik? Nah, berikut ini adalah 6 cara mudah memilih softlens yang tepat untuk mata.

Sesuaikan Ukuran Softlens dengan Minus Mata

Tips memilih softlens yang tepat pertama adalah menyesuaikan softlens yang akan kita pakai dengan besar kecilnya minus mata kita. Oleh karena itu, sebelum membeli softlens, kamu wajib mengetahui besar kecilnya minus mata terlebih dahulu. Pasalnya, penggunaan softlens dengan ukuran minus yang tidak tepat atau tidak sesuai, sudah pasti akan membuat pemakainya merasa rasa tidak nyaman.

Sesuaikan Diameter Softlens dengan Besarnya Bola Mata

Sebagaimana kita ketahui, setiap orang memiliki diameter mata yang berbeda-beda. Nah, agar terasa nyaman saat digunakan, diameter softlens juga harus disesuaikan dengan ukuran bola mata ya, Guys! Jika ukuran bola mata kamu termasuk normal, sebaiknya pilihlah softlens yang memiliki diameter antara 14 hingga 15 mm. Namun, jika bola matamu termasuk kecil, kamu bisa memilih softlens dengan ukuran diameter yang lebih kecil.

Pilihlah Softlens yang Tidak Terlalu Tebal

Selain diameternya yang beragam, ukuran softlens juga memiliki ukuran ketebalan yang berbeda-beda. Biasanya, semakin tipis softlens, semakin nyaman pula saat digunakan di mata. Namun, softlens yang terlalu tipis mudah robek. Sebaliknya, softlens yang tebal memang tidak mudah robek. Akan tetapi, akan terasa mengganjal saat digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah softlens yang tidak terlalu teba dan tidak terlalu tipis, sehingga tidak mudah robek dan tetap terasa nyaman digunakan.

Pilih Softlens dengan Kadar Air yang Tepat

Softlens yang mempunyai kadar air yang tinggi memang mampu meneruskan lebih banyak kadar oksigen ke mata. Akan tetapi, kondisi mata seseorang tentu berbeda-beda, maka penggunaan softlens yang tepat adalah softlens yang kadar airnya sesuai dengan kondisi mata. Jika kamu mempunyai mata dengan produksi air mata yang sedikit, alangkah baiknya jika memilih softlens dengan kadar air rendah. Dengan begitu, maka softlens akan lebih sedikit dalam menyerap air mata dan mampu menjaga kelembapan bola mata.

Sesuaikan Warna Softlens dengan Warna Kulit

Saat ini, banyak sekali softlens dengan beragam warna menarik yang beredar di pasaran. Akan tetapi, agar terlihat menawan kalian harus bisa menyesuaikan warna softlens dengan warna kulit. Kalian yang memiliki kulit putih bisa menggunakan softlens berwarna terang, seperti biru, hijau muda, atau abu-abu. Adapun kalian yang berkulit kuning langsat bisa memilih softlens berwarna natural, seperti hitam, abu-abu, ataupun coklat. Sedangkan, kalian yang memiliki warna kulit sawo matang, softlens warna gelap seperti abu-abu tua atau coklat madu tentu akan membuat penampilanmu menjadi semakin menarik.

Pilihlah Softlens Berbahan Silicone Hydrogel (SiHy)

Tak hanya kadar air pada softlens setra warna softlens, bahan softlens juga patut menjadi pertimbangan tersendiri ketika kamu akan memilih softlens. Pasalnya, bahan softlens ini akan berkaitan erat dengan tingkat kenyamanan softlens saat dipakai. Dibandingkan dengan softlens berbahan Rigid Gas Permeable (RGP) dan Hydroxyethylmethacrylate (HEMA), softlens berbahan Silicone Hydrogel (SiHy) semisal softlens CONFiDENCE Silicone Hydrogel Color dari Miacare tentu lebih unggul, karena kelenturannya yang membuat nyaman di mata serta kemampuanmya dalam menyerap oksigen yang sangat baik.

Sebagai tambahan informasi, softlens dari Miacare tersebut merupakan satu-satunya softlens berwarna Silicone Hydrogel (SiHy) yang tersedia untuk pemakaian harian ataupun bulanan. Softlens yang dibuat dengan teknologi baru, Eautrasil™ Techonolgy ini merupakan softlens paling sehat dan cantik alami yang nyaman dipakai lebih dari 8 jam, karena sifatnya yang memang ultra-comfortable dan memiliki fungsi perlindungan untuk UV Blocking.

UV Blocking

Untuk softlens pemakaian harian, oxygen transmissibility atau tingkat transmisi oksigen atau DK/t-nya 151 dengan water content 49%, sedangkan yang untuk pemakaian bulanan 193 dengan water content 45%. Softlens ini juga sudah terdaftar di Kemenkes dengan No. 21204021590 serta 21204021759. Wajar saja, jika softlens tersehat dan alami ini kemudian menjadi No.1 Healthy and Charming Softlens in the world. Oh iya, kalian yang ingin mendapatkan softlens ini, kalian bisa klik Softlens warna SiHy  ya! Nah, itulah 6 cara mudah memilih softlens yang tepat untuk mata. Pastikan jangan salah pilih ya!


0 Tanggapan untuk " 6 Cara Mudah Memilih Softlens yang Tepat untuk Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel