5 Hadist Tentang Keutamaan Bersabar - Cuma Berbagi

5 Hadist Tentang Keutamaan Bersabar

5 Hadist Tentang Keutamaan Bersabar
(Image source: pixabay)

Dalam Islam ada konsep yang disebut Sabr yang secara harfiah berarti daya tahan, ketekunan atau kesabaran. Ini adalah salah satu dari dua bagian dari iman seseorang dan untuk alasan yang baik. Di dunia ini, kita semua akan menghadapi banyak badai. Beberapa dari kita selama badai akan berusaha untuk mencoba dan mengendalikan cuaca, mereka akan mengutuk, berteriak dan berteriak, tetapi begitu mereka selesai meratap, mereka tidak punya pilihan selain menghormati kemarahan yang telah terjadi.

Beberapa tidak memiliki kedewasaan emosional untuk menghormati pendapat orang lain sehingga mereka gagal untuk menyadari bahwa itu menimpa kita semua. Mereka memilih peristiwa ini sebagai sesuatu yang hanya terjadi pada mereka. Tapi ini tidak benar, yang harus kita lakukan adalah berubah menjadi lebih baik lagi.

Ibarat kata seperti orang yang belajar menerima badai sebagai bagian dari kehidupan, tetapi juga memiliki kesabaran dan keberanian untuk tidak kecewa dengan Allah akan termasuk orang-orang yang mendapatkan surga. Dialah yang bisa mengatakan, Alhamdulillah (segala puji bagi Allah) dalam keadaan apa pun yang Allah beri ganjaran. Berikut ini 5 Hadits tentang sabar yang harus kita pahami lebih dalam.

1. Hadist tentang ganjaran dari kesabaran

Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللَّهُ وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً خَيْرًا وَأَوْسَعَ مِنْ الصَّبْرِ

Artinya: "Siapa yang sungguh-sungguh berusaha untuk bersabar maka Allah akan memudahkan kesabaran baginya. Dan tidaklah seseorang dianugerahkan (oleh Allah Subhanahu wa ta'ala) pemberian yang lebih baik dan lebih luas (keutamaannya) daripada (sifat) sabar." (HR Al Bukhari).

2. Hadist tentang kesabaran ketika mendapatkan musibah

Diriwayatkan oleh imam Al-Bazzar dan imam Abu Ya’la dari sahabat Abu Hurairah r.a. imam An-Nawawi, Rasulullah SAW bersabda:

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الْأُوْلَى

Artinya: "Sabar itu ketika pertama kali mendapatkan musibah."

3. Hadist tentang keteguhan dan ketahanan dalam bersabar untuk mencari ridha Allah SWT

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا تَجَّرَعَ عَبْدٌ جُرْعَةً أَفْضَلُ عِنْدَ اللهِ مِنْ جُرْعَةِ غَيْظٍ كَظَمَهَا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ تَعَالَى}.

Dari Ibnu ‘Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang hamba yang meneguk satu tegukan (menerima musibah) yang lebih utama di sisi Allah dari pada satu tegukan yang berat yang ditahan untuk mencari ridha Allah ta’ala,” (HR Ahmad dan At-Thabarani)

4. Hadis tentang makna sabar dan pengibaratannya

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لَوْ كَانَ الصَّبْرُ رَجُلاً لَكَانَ رَجُلاً كَرِيْمًا}.

Dari ‘Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Jika kesabaran itu adalah seorang laki-laki, maka sungguh ia adalah laki-laki yang mulia,” (HR Abu Nu’aim).

5. Hadist tentang beratapa indahnya seseorang yang bersabar

عجبًا لأمرِ المؤمنِ . إن أمرَه كلَّه خيرٌ . وليس ذاك لأحدٍ إلا للمؤمنِ . إن أصابته سراءُ شكرَ . فكان خيرًا له . وإن أصابته ضراءُ صبر . فكان خيرًا له

Artinya: “Alangkah mengagumkan keadaan orang yang beriman, karena semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya ada pada seorang mukmin; jika dia mendapatkan kesenangan dia akan bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan dia akan bersabar, maka itu adalah kebaikan baginya." (HR Muslim Nomor 2999).

Itulah 5 hadist yang membahas tentang kesabaran dan keteguhan hati. Sudah seharusnya kita sebagai umat muslim memiliki rasa sabar yang tinggi terhadap apa yang ada disekitarnya.


Sumber tambahan:

https://kumparan.com/berita-hari-ini/hadist-tentang-sabar-sifat-yang-harus-ada-dalam-diri-manusia-1upU1nCiuj1/full

https://www.orami.co.id/magazine/hadits-dan-ayat-alquran-tentang-sabar/


0 Tanggapan untuk " 5 Hadist Tentang Keutamaan Bersabar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel