Tips Menjalin Cinta Beda Usia Agar Tetap Langgeng - Cuma Berbagi

Tips Menjalin Cinta Beda Usia Agar Tetap Langgeng

Tips Menjalin Cinta Beda Usia Agar Tetap Langgeng
(Image source: pixabay)

Kata banyak orang, cinta itu memang tak mengenal batasan usia. Tapi nyatanya, tak sedikit pertengkaran dan pertikaian dalam rumah tangga yang disebabkan karena faktor usia yang terpaut jauh. Bener nggak? Ya, mau tidak mau harus diakui bahwa pasangan yang menjalin cinta beda usia pada umumnya memang memiliki cara pandang yang berbeda sehingga rentan terjadi kesalahpahaman.

Nah, jika kalian termasuk pasangan yang menjalin cinta beda usia, ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan agar hubungan yang telah dibina bisa tetap harmonis dan langgeng. Penasaran apa saja?

1. Terima perbedaan pasangan

Tak bisa dimungkiri, antara kita dan pasangan pasti memiliki persamaan dan perbedaan. Terlebih jika usianya terpaut jauh. So, menerima perbedaan pasangan kita merupakan kunci pertama agar hubungan cinta beda usia tetap harmonis dan langgeng.

Daripada selalu mempermasalahkan perbedaan yang ada, lebih baik kalau kita mencari titik temu apa saja kesamaan kita dengan pasangan. Misalnya saja, dalam hal hobby atau kegemaran. Coba temukan hobi dan ketertarikan kita yang sama dengan pasangan, kemudian lakukan bersama-sama sehingga hubungan asmara akan terasa lebih manis.

2. Selaraskan tujuan hidup

Seperti kita tahu, rumah tangga itu ibarat biduk yang sedang berlayar di lautan dengan dermaga sebagai tujuannya. Agar perahu bisa sampai ke dermaga, tentu saja penumpangnya harus memiliki tujuan yang sama. Masalahnya, pasangan cinta beda usia dalam sebuah rumah tangga itu seringkali juga memicu terjadinya perbedaan tujuan hidup masing-masing. 

Nah, untuk mengatasi perbedaan tujuan hidup tersebut, cobalah untuk duduk bersama kemudian saling berdiskusi membicarakan apa tujuan hidup masing-masing, kemudian selaraskan satu sama lain. Misalnya saja dalam hal keuangan, cobalah buat rencana-rencana ke depannya mau seperti apa, kemudian jalankan bersama-sama.

3. Saling terbuka satu sama lain

Selain saling menerima dan menyelaraskan tujuan hidup, keterbukaan satu sama lain juga menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan dalam membina hubungan rumah tangga. Apalagi bagi pasangan beda usia, tentu ada banyak sekali perbedaan yang seringkali membuat salah satu merasa tidak nyaman.

So, jika tidak merasa nyaman dengan pasangan karena ia melakukan suatu hal, cobalah saling terbuka satu sama lain. Beritahu pasangan dengan cara yang lembut kenapa kamu merasa tidak nyaman, dan berikan kesempatan padanya untuk menjelaskan alasannya. Intinya, lebih baik terbuka kepada pasangan daripada dipendam dalam hati.

4. Sering mengevaluasi hubungan

Agar bahtera rumah tangga yang kamu bina dengan pasangan bisa tetap harmonis dan langgeng, kamu dengan pasangan juga perlu sering-sering menyempatkan waktu untuk mengevaluasi hubungan. Terutama jika kamu dan pasangan memiliki beda usia yang cukup jauh.

Dengan saling mengevaluasi hubungan tersebut, maka kecocokkan antara kamu dan pasangan pun akan mudah terbangun. Pasalnya, dengan duduk santai sembari mengevaluasi hubungan yang telah dibina selama ini, kamu dan pasangan akan sama-sama mengerti tentang hal apa saja yang diinginkan dan diharapkan oleh masing-masing.

5. Saling menyesuaikan dan beradaptasi

Setelah bersama-sama mengevaluasi hubungan dan mengerti kemauan dan harapan pasangan, cobalah belajar menyesuaikan diri bersama pasangan dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Saling menyesuaikan ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi pasangan, terlebih bagi pasangan yang mempunyai beda usia cukup jauh.

Tak hanya itu, jika beda usia kamu dan pasangan cukup jauh, kalian berdua juga harus bisa saling beradaptasi agar tercipta komunikasi yang baik. Dengan komunikasi yang baik, maka masalah apapun yang kalian hadapi akan terselesaikan dengan baik, sehingga hubungan pun tetap harmonis dan langgeng. 

Nah, itulah beberapa tips yang perlu kalian perhatikan dan terapkan agar hubungan cinta peda usia bisa tetap harmonis dan langgeng.


0 Tanggapan untuk "Tips Menjalin Cinta Beda Usia Agar Tetap Langgeng"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel