Sebelum Beli Mobil Bekas Avanza, Perhatikan Beberapa Hal Berikut - Cuma Berbagi

Sebelum Beli Mobil Bekas Avanza, Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Sebelum Beli Mobil Bekas Avanza, Perhatikan Beberapa Hal Berikut
(Image source: seva.id)

Membeli mobil bekas Avanza tentu saja menjadi salah satu alternatif pilihan bagi siapa saja yang menginginkan memiliki mobil jenis MPV besutan Toyota ini namun dengan budget yang terbatas. Ya, harga mobil bekas Avanza memang sudah pasti jauh lebih murah ketimbang harga mobil barunya.

Namun, berbeda dengan saat membeli mobil baru Avanza yang terjamin kualitasnya, saat memutuskan membeli mobil Avanza bekas alias second, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar setelah membeli mobil bekas, Anda tidak merasa kecewa. Pasalnya, tidak semua mobil bekas memiliki kondisi yang prima. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas Avanza.

1. Cek Usia Avanza dan Cek Fisik

Sebagaimana kita ketahui, Avanza merupakan mobil yang pertama kali dirilis di Indonesia oleh Toyota pada event Gaikindo Auto Expo 2003. Tepatnya, 11 Desember 2003. Sejak dirilis hingga kini, Toyota Avanza sudah mengalami berbagai perubahan, mulai dari mesin hingga tampilannya.

So, jika Anda berniat untuk membeli Avanza bekas, paling tidak Anda harus membeli Avanza generasi kedua, yaitu All New Avanza yang diproduksi mulai tahun 2011 hingga 2014. Syukur-syukur lagi, kalau Anda membeli Avanza generasi ketiga, yaitu Grand New Avanza yang diproduksi mulai tahun 2015. Hal tersebut sangat penting, mengingat kalau Anda membeli mobil Avanza generasi pertama, kebanyakan kondisi mesinnya sudah kurang efisien.

Selain usia mobil, hal yang tak kalah penting adalah mengecek kondisi fisiknya. Mulai dari lampu-lampunya, rem, aki, sok breaker, body mobil, ban, hingga bagian-bagian mobil lainnya. Periksa dengan seksama apakah kondisi bagian-bagian tersebut masih baik atau sudah perlu diperbaiki dan diganti.

2. Lakukan Test Drive

Untuk memastikan fungsi bagian-bagian mobil Avanza tersebut, ada baiknya jika Anda juga melakukan test drive. Dengan melakukan test drive ini, Anda akan mengetahui dengan pasti bagaimana kinerja mesin mobil Avanza yang akan Anda beli.

Jika memungkinkan, Anda juga perlu mencoba untuk melakukan test drive mobil tersebut pada jalan yang tidak rata, misalnya saja jalan menanjak atau jalan yang berbelok-belok. Dengan begitu, Anda akan semakin merasakan bagaimana kekuatan mobil Avanza yang akan Anda beli.

Saat melakukan test drive, jangan lupa untuk memperhatikan juga apakah bunyi suara mesin masih terdengar normal; apakah rem, setir mobil, pedal, serta fitur mobi lainnya juga masih lancar. Tes juga lampu-lampunya, apakah semua masih berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Cek Harga Pasar dan Beli di Tempat Terpercaya

Hal lain yang tak boleh ketinggalan sebelum Anda membeli mobil bekas Avanza, adalah mengecek harga pasar dari mobil yang akan Anda beli. Anda bisa melihat dan membandingkan harganya berdasarkan dengan usia mobil. Secara umum, semakin muda usia Avanza, harganya pun semakin tinggi.

Jika mendapatkan Avanza dengan umur yang relatif muda sedangkan budget yang Anda miliki masih kurang, Anda juga bisa kredit mobil bekas Avanza. Namun, pastikan Anda membeli secara kredit tersebut di tempat yang terpercaya, sehingga surat-suratnya lengkap dan terjamin keamanannya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas Avanza. Toyota Avanza memang menjadi salah satu mobil yang banyak disukai oleh konsumen di Indonesia. Pasalnya, mobil yang hadir di segmen MPV ini mampu memuat tujuh orang penumpang sehingga sangat cocok digunakan sebagai mobil keluarga.


0 Tanggapan untuk "Sebelum Beli Mobil Bekas Avanza, Perhatikan Beberapa Hal Berikut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel