Hadits Arba'in Ke 21-23 - Cuma Berbagi

Hadits Arba'in Ke 21-23

Hadits ke-21 : Iman dan Istiqomah

Abu Amr (ada yang menyebutnya Abu Amrah) Sufyan bin Abdillah ra. berkata :

Aku berkata : Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku suatu ungkapan tentang Islam yang tak kan kutanyakan kepada seorang pun selain engkau? Beliau bersabda : Katakanlah Aku beriman kepada Alla, kemudian istiqomahlah!


(HR. Muslim)
Hadits ke-22 : Jalan Menuju Surga

Abu Abdillah Jabir bin Abdillah Al-Anshari ra. menerangkan bahwa ada seorang laki-laki yang bertanya kepada Rasulullah saw, Ia berkata : Bagaimana pendapatmu, jika aku telah mengerjakan shalat maktubah (shalat fardhu lima waktu), berpuasa ramadhan, menghalalkan yang halal, dan mengharamkan yang haram, dan aku tidak menambahnya dengan suatu apa pun. Apakah aku bisa masuk surga?

Beliau menjawab : YA.


(HR. Muslim)

Makna : mengharamkan yang haram adalah menjauhinya sedangkan menghalalkan yang halal berarti melakukannya dengan penuh keyakinan akan kehalalannya.

Hadits ke-23 : Amalan Berkualitas Tinggi

Abu Malik Al-Harits Al-Asy'ari ra. berkata, Rasulullah saw bersabda :

Kesucian adalah sebagain dari iman, Alhamdulillah memberatkan timbangan, Subahanallah walhamdulillah memenuhi ruangan antara langit dan bumi, sholat adalah cahaya, shodaqoh adalah bukti nyata, sabar adalah pelita, dan Al-Qur'an adalah pedoman untukmu dan bagi dirimu. Semua orang bekerja sampai ada yang menjual dirinya, sehingga ia menjadi merdeka atau celaka.


(HR. Muslim)

0 Tanggapan untuk "Hadits Arba'in Ke 21-23"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel