6 Faktor Kepuasaan Pelanggan Menggunakan Online Banking - Cuma Berbagi

6 Faktor Kepuasaan Pelanggan Menggunakan Online Banking

Online banking
(Image source: https://img.freepik.com/free-photo/person-paying-with-its-smartphone-wallet-app_23-2149167261.jpg)

Penggunaan online banking oleh nasabah terus meningkat. Ini menunjukkan bahwa fasilitas digital banking tersebut memang bermanfaat dan dapat membantu untuk memudahkan dalam bertransaksi. Dengan adanya fasilitas tersebut, nasabah tidak perlu datang ke kantor bank maupun pergi ke ATM untuk melakukan pengiriman uang. Proses tersebut bisa dilakukan dari mana saja. 

Manfaat online banking bukan hanya untuk transaksi bisnis, tetapi juga keperluan pribadi seperti membayar biaya sekolah, cicilan, membeli produk investasi, asuransi dan sebagainya. Masing-masing bank penerbit menyediakan fitur yang berbeda untuk kepuasan pelanggan. Dengan adanya digitalisasi ini volume transaksi perbankan meningkat hampir di semua waktu, termasuk saat libur. 

Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Online Banking

Adanya transaksi online banking mendorong pertumbuhan ekonomi dalam berbagai bidang. Saat ini semua orang bisa bertransaksi dari mana saja dan kapan saja. Kemudahan ini merupakan fasilitas yang bermanfaat bagi nasabah. Kini, jika ingin bertransaksi nasabah tidak harus pergi ke kantor bank dan mengantri yang menghabiskan waktu. 

Semua bank pun berlomba memberikan fasilitas terbaik dengan selalu melakukan inovasi sehingga semakin banyak nasabah yang melakukan transaksi digital. Manfaat online banking menjadikan hal yang sebelumnya tidak mungkin menjadi mungkin. Kepuasan pelanggan dengan pelayanan tersebut merupakan bukti bahwa fasilitas tersebut memang sangat membantu. Faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah adalah:

1. Pelayanan

Dalam aplikasi online banking, bank memberikan pelayanan sesuai keinginan pelanggan. Bahkan inovasi yang dilakukan mampu menjawab kebutuhan di masa mendatang. Dengan adanya fitur tersebut mendorong nasabah untuk lebih bijaksana dalam mengelola keuangannya dan mengembangkan dalam berbagai investasi yang tersedia dalam aplikasi. 

Masing-masing bank mengedepankan keunggulan yang menjadikan nasabah semakin yakin untuk menggunakannya. Seperti pada aplikasi bank online dari digibank by DBS yang user friendly menjadikan siapa saja bisa menggunakan tanpa takut terjadi kesalahan. Pelayanan terbaik yang diberikan oleh bank juga merupakan apresiasi terhadap loyalitas nasabah. 

2. Keamanan

Bertransaksi online banking sangat aman, baik dari kejahatan maupun dari penyakit menular. Karena transaksi dilakukan secara pribadi dan bukan di tempat umum, maka bisa meminimalkan tertular kuman dan virus berbahaya melalui sentuhan di layar ATM maupun saat bertemu di kantor bank 

Dari sisi tindak kejahatan, bank yang mengeluarkan layanan online banking sudah membekali sistem keamanan untuk menghindari pencurian data sehingga nasabah tidak perlu khawatir. Karena transaksi berlangsung secara cashless, nasabah juga tidak perlu membawa banyak uang dan bisa mengundang pelaku kejahatan. 

3. Kemudahan

Manfaat online banking yang dirasakan oleh nasabah adalah kemudahan dalam melakukan transaksi. Nasabah tidak perlu keluar rumah, semua bisa dikerjakan dari mana saja. Dalam satu aplikasi juga tersedia berbagai macam fitur yang sangat membantu dalam mengelola keuangan.

Bank penerbit juga menyediakan petunjuk sehingga pengguna tidak perlu bingung. Fitur yang merupakan bentuk pelayanan terbaik dari bank sehingga semua nasabah bisa mendapatkan manfaat online banking. 

4. Kecepatan

Baik bisnis maupun untuk pengguna pribadi membutuhkan fasilitas perbankan yang cepat. Kehadiran aplikasi bank online menjawab kebutuhan tersebut. Hanya dalam beberapa detik transaksi bisa berlangsung dan uang yang dikirim secara realtime bisa diterima oleh rekening tujuan.

Kecepatan ini membuat nasabah yang melakukan transaksi menjadi yakin dan tenang karena tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan konfirmasi pengirimannya. Bank juga sudah memperhatikan jumlah pengakses sehingga meski banyak yang menggunakan aplikasi tersebut server tidak down. 

5. Hemat 

Salah satu pertimbangan nasabah sebelum melakukan transaksi adalah biaya yang harus dikeluarkan. Sebagai solusi tidak sedikit bank, yang membebaskan biaya sehingga nasabah bisa bertransaksi kapan saja tanpa khawatir banyak terjadi potongan di dalam saldo tabungannya. 

Selain itu, banyak bank yang bekerja sama dengan toko untuk memberikan potongan atau diskon bagi pelanggan yang membayar melalui online banking. Dengan demikian nasabah bisa memenuhi semua kebutuhan dengan lebih hemat. 

6. Fleksibel

Manfaat online banking yang dirasakan oleh nasabah mendorongnya untuk terus bertransaksi secara virtual. Apalagi cara ini sangat fleksibel. Nasabah bisa melakukan aktivitas perbankan tanpa meninggalkan tempat. Semua transaksi bisa dilakukan dari smartphone sehingga tidak kenal waktu. Nasabah dari mana saja bisa mempunyai akun bank dan menggunakannya untuk berbagai keperluan. 

Online Banking dari digibank by DBS, Solusi Tepat untuk Transaksi Online

Digibank by DBS
(Image source: https://img.freepik.com/free-photo/wire-transfer-young-man-using-his-smartphone-laptop-banking-transaction-some-payments_662251-2046.jpg)

Sebagai institusi yang memberi pelayanan kepada publik, kepuasan pelanggan merupakan tujuan dari bank dalam berinovasi dan menggunakan teknologi terbaru, termasuk dalam fasilitas online banking. Bertransaksi secara online saat ini merupakan kebutuhan siapa saja sehingga meski sedang menjalankan aktivitas keuangan namun tidak mengganggu kegiatan lainnya. 

Salah satu bank yang terus berinovasi dan menghadirkan pelayanan terbaik bagi nasabah adalah digibank by DBS. Karena menyediakan pelayanan dalam bentuk aplikasi, yaitu Aplikasi digibank by DBS yang fleksibel dan bisa digunakan dari mana saja sehingga semua nasabah bisa merasakan manfaat online banking. 

Aplikasi ini sangat terpercaya dan sudah digunakan oleh ribuan nasabah untuk bertransaksi online. Hal tersebut tidak terlepas dari keunggulan Aplikasi digibank by DBS, yaitu: 

  • Proses transaksi lebih lengkap, mudah dan aman
  • Terdapat lebih dari 150 produk investasi dan produk asuransi 
  • Menyediakan penawaran kartu kredit dan pinjaman yang approvalnya hanya 60 detik

Online banking dari digibank by DBS merupakan jawaban untuk kebutuhan aplikasi keuangan yang aman, lengkap, mudah digunakan dan sangat membantu nasabah dalam melakukan berbagai transaksi. Untuk informasi lebih lengkap, silakan cek di link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page.


0 Tanggapan untuk "6 Faktor Kepuasaan Pelanggan Menggunakan Online Banking"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel