Bacaan Sholawat Nariyah Beserta Keutamaannya - Cuma Berbagi

Bacaan Sholawat Nariyah Beserta Keutamaannya

Bacaan Sholawat Nariyah Beserta Keutamaannya
image source: pixabay/jpeter2

Apa itu sholawat? Sholawat adalah bentuk penghormatan atau mendoakan. Sedang arti bersholawat untuk Nabi, itu artinya mendoakan atau memohonkan berkah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

Kita sebagai umat Muslim kita sangat dianjurkan bersholawat untuk Nabi Muhammad Shollallahu ‘alahi wassallam. Bahkan. Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan tentang perintah bersholawat di dalam Al Quran yang artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56). 

Bersholawat kepada Nabi bisa dilakukan kapan dan dimana saja, terutama saat melaksanakan sholat. 

Adapun sholawat yang dilakukan saat melaksanakan sholat adalah Sholawat Ibrahimiyah, berikut bunyinya:

Allahumma Sholli ‘Alaa Muhammad Wa ‘Alaa Aali Muhammad Kamaa Shollaita ‘Alaa Ibrahim Wa ‘Alaa Aali Ibrahim Innaka Hamidum Majid. 

Ya Allah berilah sholawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad sebagaimana Engkau telah memberi sholawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia

Selain itu, ada juga bacaan sholawat lainnya yang bisa dibaca diluar sholat, salah satunya adalah Sholawat Nariyah.

Bacaan Sholawat Nariyah

Berikut bacaan Sholawat Nariyah lengkap dengan tulisan latin dan artinya.

“Allahumma shali saholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdgaa bihil hawaa-iju.

Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihi wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.”

Artinya: “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad Shollallahu ‘alahi wassallam. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau."

Keutamaan Sholawat Nariyah

Berikut beberapa keutamaan membaca Sholawat Nariyah:

1. Pembuka Pintu Rezeki

Keutamaan Sholawat Nariyah yang perama adalah dapat membuka pintu rezeki. Maka dari itu, perbanyaklah bersholawat agar rezeki kita dari Allah Subhanahu wa Ta’ala mengalir terus tanpa henti.

2. Mempermudah Segala Urusan

Dalam mengarungi kehidupan kita sebagai manusia tentunya akan memiliki berbagai urusan. Hal inilah yang terkadang yang menimbulkan berbagai persoalan hidup dan membuat kita merasa sulit dan susah. Nah, sebagai penawarnya anda bisa coba membaca Sholawat Nariyah secara rutin sehingga segala urusan yang sedang anda hadapi menjadi lebih mudah. 

3. Dikabulkannya Hajat dan Dilindungi Dari Penyakit Serta Marabahaya

Jika ingin dikabulkan hajat atau keinginan yang selama ini diharapkan, anda bisa coba membaca sholawat Nariyah secara rutin. 

Selain itu, dengan rutin membaca Sholawat Nariyah juga kita akan dilindungi dari segala penyakit dan marabahaya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

4. Menghilangkan Kesedihan dan Meringankan Masalah

Keutamaan Sholawat Nariyah yang terakhir adalah mampu menghilangkan rasa sedih serta menghilangkan masalah yang sedang anda hadapi. 

Jadi, membaca sholawat Nariyah bisa menjadi penawar bagi anda sedang mengalami banyak permasalahan hidup yang membuat sedih.

Hal ini sesuai dengan yang dijelaskan oleh Nabi dalam sebuah hadits yang artinya:

”Siapa membaca sholawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca sholawat kepadaku 100 kali maka Allah akan menjabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia. Dan hadits Rasulullah yang mengatkan; Perbanyaklah sholawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan.”


0 Tanggapan untuk "Bacaan Sholawat Nariyah Beserta Keutamaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel