Penjelasan Seputar Sinopsis - Cuma Berbagi

Penjelasan Seputar Sinopsis

Penjelasan Seputar Sinopsis
(Image source:pixabay/ThoughtCatalog)
Apa itu sinopsis? Sinopsis merupakan salah satu bagian yang ada di dalam sebuah karya, baik berupa film, drama, cerpen, novel, dan lain sebagainya. Pada umumnya, Sinopsis dapat meliput keseluruhan isi karya mulai dari awal sampai akhir yang dikemas dengan durasi singkat. 

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Sinopsis merupakan karangan ilmiah biasa yang ditunjukkan bersamaan dengan karya asli yang menjadi dasar dari sinopsisnya. Dengan kata lain, Sinopsis bisa diartikan sebagai ringkasan, ikhtisar karangan, dan abstraksi. 

Manfaat Sinopsis

Menurut informasi yang didapat, Sinopsis berfungsi untuk mengetahui secara cepat pada alur certa dan hanya mengambil garis besarnya saja dalam menyajikan karya yang berdurasi panjang dibuat menjadi lebih singkat. Adapun mengenai beberapa fungsi lainnya dari Sinopsis yang harus diketahui seperti berikut:

  • Dapat memberikan sebuah informasi singkat seputar isi cerita maupun buku karya
  • Dapat memberikan gambaran yang jelas secara simple seputar urutan dan alur cerita dalam sebuah naskah maupun film
  • Berperan sebagai prolog atau epilog dari sebuah karya tulis maupun naskah yang akan ditunjukkan
  • Berperan sebagai pedoman untuk pemain atau karakter tokoh dalam melakukan improvisasi.

Ciri Khas Sinopsis

  • Mempunyai alur cerita yang disusun secara berurutan mulai dari awal hingga akhir
  • Bahasa yang digunakan merupakan jenis bahasa persuasive atau berupa kalimat ajakan, serta bujukan agar pembaca atau penonton lebih tertarik pada karya tersebut
  • Menyuguhkan konflik secara detail, ringkas, dan menarik
  • Membuat rasa penasaran bagi calon pembaca atau penontonnya.

Tahapan dalam Membuat Sinopsis

Nah, setelah mengetahui pengertian tentang Sinopsis, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai langkah-langkah dalam membuat Sinopsis. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya seperti berikut:

  • Harus membaca naskah atau buku aslinya dengan teliti agar mengetahui kesan serta pesan si penulis
  • Harus mencatat ide-ide pokok yang ada di dalam naskah serta menggaris bawahinya
  • Mengembangkan ide pokok yang sudah ditandai dengan beragam kalimat yang ringkas
  • Harus menggunakan kalimat yang jelas, efektif, menarik, dan mudah dipahami agar dapat merangkai alur cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karya aslinya

Apabila ingin menyertakan beberapa dialog atau monolog, maka hanya perlu mencatat garis besarnya saja. Selain itu, biasa juga diberikan rincian di bagian halaman berapa dialognya akan dikutip agar lebih jelas serta akurat

Dalam proses pembuatan sinopsis tidak boleh merubah atau menyimpang dari isi keseluruhan karya aslinya. 

Poin Penting yang Harus Diperhatkan Dalam Membuat Sinopsis

1. Menentukan Tema

Guna mempermudah proses pembuatan sebuah Sinopsis, maka disarankan untuk menentukan dulu temanya. Misalkan tema yang akan dipilih adalah persahabatan, maka ambillah referensi dari karya yang mengandung unsur friendship (contohnya seperti Laskar Pelangi). 

2. Cermati Alur yang Akan Digunakan

Penting untuk mencemati alur yang ada di dalam naskah tersebut. Ya, hal ini dikarenakan fungsi utama Sinopsis adalah memberi gambaran secara ringkas dan jelas bagi calon pembaca maupun penonton. Oleh karena itu, pilihlah konflik yang paling menarik dalam karya tersebut sehingga pembaca semakin penasaran dengan kelanjutan ceritanya. 

3. Perhatikan Penokohan

Pada dasarnya, penokohan dalam sebuah Sinopsis juga harus ditekankan dalam membuat Sinopsis itu sendiri. Dengan demikian, maka si pembaca maupun penonton akan dibuat terpukau jika penokohan dalam naskah tersebut terlihat lebih fantastis dan mengharukan. Itu artinya, jangan sampai kita merusak citra dari naskahnya. 


0 Tanggapan untuk "Penjelasan Seputar Sinopsis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel