Pertama Kali Naik Kereta Saat PPKM? Perhatikan Tips Ini! - Cuma Berbagi

Pertama Kali Naik Kereta Saat PPKM? Perhatikan Tips Ini!

Pertama Kali Naik Kereta Saat PPKM? Perhatikan Tips Ini!
(Image source: pixabay)

Kereta api terus menjadi pilihan transportasi nyaman dan murah untuk ke mana-mana. Jika kamu sudah biasa naik kereta api sebelum pandemi, perlu diketahui jika saat ini ada aturan tambahan yang perlu diketahui agar bisa melakukan perjalanan. 

Kamu harus update syarat naik kereta api terbaru agar tidak gagal berangkat. Nah bagi kamu yang baru pertama kali naik kereta api di masa PPKM ini, perhatikan tips berikut ini agar perjalananmu nyaman dan tetap aman ya.

1. Beli tiketnya online

Naik kereta api memang tergolong aman selama pandemi karena adanya physical distancing yang dilakukan PT KAI untuk menjaga keamanan dan juga kenyamanan penumpangnya. Tiket yang dijual pun hanya 70% dari kapasitas kursi untuk kereta jarak jauh dan 50% untuk kereta lokal.

Agar tidak kehabisan tiket, jangan lupa untuk beli tiket kereta api ke kota tujuanmu secara online. Tata cara pesan tiket kereta online pun tidak ribet kok. Kamu bisa beli melalui mitra resmi PT KAI, misalnya lifestyle superapp Traveloka yang bisa dipakai juga untuk booking rental mobil di kota tujuan nantinya.

2. Siapkan semua dokumen sebelum berangkat

Sesuai dengan Surat Edaran Satgas Covid-19 nomor 17 tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19 yang mulai berlaku 13 Agustus 2021, setiap calon penumpang kereta api jarak jauh harus menyertakan berbagai dokumen tambahan. 

Yang pertama dan paling utama adalah kartu vaksin minimal dosis pertama. Kamu bisa mendownload sertifikat vaksin lewat website maupun aplikasi PeduliLindungi lalu simpan saja di smartphone kamu. 

Jika kamu tidak bisa menerima vaksin karena kondisi kesehatan tertentu, maka bisa diganti dengan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan jika kamu belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19 karena kondisi kesehatan.

Jika kamu bisa vaksin namun belum mendapat suntikan, ada 15 stasiun yang melaksanakan vaksinasi di stasiun yang bisa kamu datangi untuk mendapat vaksin agar bisa memiliki sertifikat vaksin. Stasiun kereta tersebut adalah sebagai berikut.

  • Stasiun Gambir 
  • Stasiun Pasar Senen
  • Stasiun Bandung 
  • Stasiun Cirebon 
  • Stasiun Semarang Tawang 
  • Stasiun Purwokerto 
  • Stasiun Yogyakarta 
  • Stasiun Solo
  • Stasiun Madiun 
  • Stasiun Surabaya Gubeng 
  • Stasiun Surabaya Pasar Turi 
  • Stasiun Malang 
  • Stasiun Jember 
  • Stasiun Medan 
  • Stasiun Padang

Dokumen yang kedua adalah surat keterangan negatif hasil tes Covid-19. Kamu bisa memilih melakukan RT-PCR dengan maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan dan rapid test antigen  maksimal 1x24 jam sebelum hari keberangkatan.

3. Lakukan tes Covid-19 sehari sebelum berangkat

Seperti tertera di atas, kamu diwajibkan melampirkan hasil negatif dari tes Covid-19 sesuai peraturan; RT-PCR dan juga antigen. Ada baiknya lakukan tes sehari sebelum tanggal berangkat.

Dengan begitu kamu bisa melengkapi dokumen dan tidak lagi waswas saat akan berangkat. Kamu juga tidak perlu terburu-buru datang ke stasiun karena dokumen sudah lengkap.

4. Datang lebih awal ke stasiun

Naik kereta selama pandemi ini disarankan untuk tiba lebih awal karena ada pemeriksaan tambahan. Kamu harus melewati pemeriksaan dokumen-dokumen yang disebutkan di atas dan tentu saja ada potensi antrean yang bisa membuat kamu ketinggalan kereta jika datang terlalu mepet waktu berangkat.

Datang lebih awal juga lebih nyaman karena kamu bisa berkeliling mencari makanan pengganjal perut atau beli camilan untuk di kereta.

5. Pastikan kondisi tubuh sehat

Di masa pandemi ini, kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Jangan paksakan diri berangkat saat kondisi kurang fit karena kondisi imun tubuh yang rendah membuat kamu lebih rentan terpapar virus corona dan virus lainnya selama di perjalanan.

Selain itu aka nada pemeriksaan suhu tubuh di stasiun dan jika suhu kamu kelewat tinggi di atas 37,3 derajat Celcius maka bisa saja petugas tidak mengijinkan kamu melanjutkan perjalanan demi keselamatan bersama. 

Maka dari itu sebelum berangkat, pastikan kamu istirahat dengan cukup, tidur tanpa begadang dan minum vitamin agar kondisi tubuh sehat dan bugar dan bisa diandalkan untuk melakukan perjalanan jauh.

Nah demikianlah berbagai tips yang perlu kamu ketahui mengenai pergi naik kereta di masa PPKM ini. Pastikan kamu mematuhi aturan yang ada dan wajib tetap harus patuhi protokol kesehatan dimanapun berada agar kamu tetap sehat dan terhindar dari virus corona. Selamat bepergian aman dan tetap jaga kesehatan ya!


0 Tanggapan untuk "Pertama Kali Naik Kereta Saat PPKM? Perhatikan Tips Ini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel