Cara Memilih Obat Panas Anak di Toko yang Aman - Cuma Berbagi

Cara Memilih Obat Panas Anak di Toko yang Aman

Cara Memilih Obat Panas Anak di Toko yang Aman
(Image source: pixabay.com/Victoria_rt)

Ketika anak sedang panas, banyak orang tua yang panik. Biasanya tanpa perlu pikir panjang lari ke toko dan membeli obat penurun panas. Padahal memberikan obat panas anak sembarangan justru bisa berbahaya.

Membeli obat di toko boleh-boleh saja dilakukan. Asalkan orang tua benar-benar tahu mana obat yang aman untuk si buah hati. 

Agar tidak salah pilih memberikan obat untuk sang buah hati, simak beberapa cara memilih obat khusus anak di toko berikut!

1. Perhatikan Obat dengan Dosis Khusus Anak

Pemberian dosis obat penurun anak haruslah sangat berhati-hati. Jika dosis terlalu tinggi bisa mengganggu lambung si kecil, dan bahkan bisa berbahaya terhadap jantung.

Dalam pemberian dosis ini harus memenuhi ketentuan aman yang sudah ditetapkan, yaitu dalam sekali minum dosisnya sekitar 10-20 mg dalam setiap kg berat badan. Pemberian pun bisa diberikan dalam waktu 6 – 8 jam sekali. Artinya jika kondisi panas tidak turun, bisa diberikan 3 sampai kali.

Perhitungan tersebut jika diberikan kepada anak yang memiliki berat badan 10 kg, dosis yang diberikan sebesar 10mg x 10 = 100 mg untuk sekali minum.

2. Pilih Bentuk Obat yang Mudah Dikonsumsi

Tentunya bagi seorang anak akan sulit memberikannya obat. Karena itu ada dua bentuk obat yang bisa dipilih, obat panas anak dalam bentuk sirup, dan dalam bentuk tablet.

Bagi anak yang masih berusia balita, sirup panas anak pastinya akan lebih mudah diberikan. Berbeda dengan anak yang sudah besar, tentunya lebih memilih obat tablet yang rasanya manis seperti permen.

3. Berikan Obat dengan Rasa yang Disukai

Obat untuk anak memang dibuat khusus dengan rasa yang lebih manis. Tidak seperi obat orang dewasa yang pahit, dan pastinya tidak disukai anak.

Agar anak mau minum obat tersebut, pilihlah obat dengan rasa yang disukainya. Rasa yang paling banyak ditemui di pasaran berupa rasa jeruk.

4. Pilih Obat dari Merek Terpercaya

Jika Anda membeli obat penurun panas anak di toko, haruslah memilih yang terpercaya dan sudah dikenal luas oleh masyarakat. Pastikan juga bahwa obat tersebut tidak kadaluarsa. Karena membeli obat di toko biasanya minim sekali pengecekan terhadap masa pakai obat tersebut.

Obat-obat tersebut biasanya dikenal dari iklan di TV. Karena pastinya obat-obat tersebut sudah memenuhi keamanan oleh BPOM.

5. Pilih Obat yang Mengandung Parasetamol

Obat panas yang aman bagi anak adalah obat yang mengandung parasetamol. Zat yang satu ini sangat umum ditemukan di dunia medis untuk meredakan panas demam. Selain itu, parasetamol ini juga mampu meredakan nyeri.

Bagi anak, parasetamol sangat aman bagi lambung, dan tidak menyebabkan iritasi. Biasanya demam anak yang disebabkan karena habis imunisasi disarankan untuk memberikan parasetamol ini.

6. Perhatikan Aturan Pakai untuk Anak

Pemberian obat panas anak harus disesuaikan dengan aturan pakai yang ada di setiap obat. Pada dasarnya aturan pakai ini mengacu pada ketentuan dosis pemberian parasetamol. Biasanya pemberian obat untuk menurunkan panas ini bisa diberikan 3 sampai 4 kali sehari.

Selain itu, aturan pakai biasanya juga ditentukan oleh kelompok usia anak. Kelompok usia anak tersebut seperti usia 1 – 2 tahun, 2 – 6 tahun, dan 6 – 12 tahun.

Itulah cara memilih obat panas anak di toko dengan aman. Jangan sampai Anda salah memilih obat, apalagi obat yang harus diberikan kepada orang dewasa, malah diberikan kepada anak. Karena akan sangat berbahaya dan memperparah sakit si kecil.


0 Tanggapan untuk " Cara Memilih Obat Panas Anak di Toko yang Aman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel