Tugas Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur - Cuma Berbagi

Tugas Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Tugas Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur
(Image source: pixabay)

Malaikat adalah makhluk mulia yang diciptakan Allah SWT sebagai yang dijuluki sebagai tentara-tentara Allah SWT. Malaikat diciptakan dari cahaya. Para malaikat ciptaan-Nya selalu taat dan patuh serta tidak pernah ingkar akan tugas yang telah diberikan ke pada mereka.

Tidak ada yang tahu pasti berapa jumlah malaikat yang diciptakan oleh Allah SWT. Semua malaiakt tersebut memiliki satu tugas utama yakni beriman kepada sang pencipta. Malaikat Allah tidak diciptakan dengan kesombongan dan tidak akan merasakan capek sesuai dalam Q.S.Al-Anbiyah:19-20.

Para malaikat ini diciptakan untuk menjalankan tugas yang berbeda. Dalam rukun Iman yang kedua diwajibkan untuk kita beriman kepada para malaikat Allah. Terdapat sepuluh nama malaikat yang wajib diketahui yakni, malaikat Jibril, malaikat Mikail, malaikat Izrail, malaikat Israfil, malaikat Raqib, malaikat Atid, Malaikat Munkar, malaikat Nakir, malaikat Ridwan dan malaikat Malik. 

Dua di antaranya yang akan dibahas adalah malaikat Munkar dan Malaikat Nakir. Nama kedua malaikat tersebut tidak tercantum di Al-Qur’an. Tetapi, dalam hadis nabi Muhammad SAW kedua malaikat ini disebut sebagai malaikat yang akan menguji roh di alam kubur. 

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa setiap manusia yang telah meninggal dan telah dikuburkan akan menjumpai dua malaikat yang bertugas menjaga kubur. Kedua malaikat tersebut memiliki sosok yang menyeramkan. Malaikat Munkar dan Nakir digambarkan sebagai sosok yang sangat kasar dan keras wujudnya berwarna hitam kebiruan.

Kedua malaikat ini memiliki suara yang sangat besar mirip dengan suara sebuah petir. Memiliki bola mata seperti api yang membara. Penampakan giginya sanagat runcing layaknya tombak. Rambutnya panjang dan terseret di atas tanah. Serta memiliki senjata di kedua tangannya sebagai senjata jika ruh tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh ke dua malaikat tersebut.

Tugas malaikat Munkar dan Nakir adalah menanyakan pertanyaan mengenai keimanan diantaranya siapa tuhanmu?, Siapa Nabimu? Apa agamamu?. Jika roh tersebut mampu menjawab dengan Allah, Muhammad dan Islam, maka kuburnya akan dilapangkan dan diterangkan. Tetapi, jika tidak mampu menjawab pertanyaan tersebut akan mendapat siksaan hingga hari kebangkitan tiba. 

Semua pertanyaan ini tidak serta merta kan dijawab sesuai keingina para roh. Tetapi semua pertayaan terjawab berdasarkan keimanan yang dimiliki oleh setiap roh. Bagi yang berima maka tubuh roh akan mampu mejwab semua pertanyaan dari kedua malaikat. Tetapi, bagi orang kafir tidak bisa menjawab kedua pertanyaan ini dan akan mendapatkan ganjaran hingga hari dibangkitkannya kemudian. 

Demikianlah tugas malaikat munkar dan nakir yang wajib diketahui sebagai umat Islam. Beriman kepada malaikat merupakan rukun Iman yang kedua dan wajib untuk diikuti jika ingin mendapatkan balasan surga diakhirat kelak. 


0 Tanggapan untuk " Tugas Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel