Tips Menghemat Uang untuk Masa Depan, Salah Satunya Kenali Obligasi Ritel Indonesia - Cuma Berbagi

Tips Menghemat Uang untuk Masa Depan, Salah Satunya Kenali Obligasi Ritel Indonesia

Tips Menghemat Uang untuk Masa Depan, Salah Satunya Kenali Obligasi Ritel Indonesia
https://www.pexels.com/id-id/foto/babi-celengan-euro-finansial-9660/

Keuangan yang stabil tidak akan pernah terealisasi jika kamu tidak menerapkan gaya hidup hemat. Bahkan jika kamu mempunyai penghasilan yang besar. jika kamu tidak menghemat. Keuanganmu tidak akan stabil. Dengan begitu masa depanmu akan terjamin dengan gaya hidup hemat yang sudah kamu terapkan.

Selain untuk menyiapkan keuangan di masa depan. Menerapkan gaya hidup hemat juga akan membantumu saat membutuhkan anggaran tak terduga. Seperti kecelakaan, berlibur atau untuk melakukan investasi obligasi ritel Indonesia atau instrumen investasi jenis lainnya. Nah, untuk  menerapkan gaya hidup hemat, simak ulasan di bawah ini.

Cara Menghemat Uang untuk Masa Depan

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup hemat:

1. Buat Rincian Pembagian Biaya Hidup

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan gaya hidup hemat adalah dengan membuat rincian pembagian biaya hidup. Hal ini bertujuan untuk membuat keuanganmu lebih stabil. Dengan begitu, penghasilan bulanan hanya diperuntukkan untuk kebutuhan bulanan, keinginan pribadi dan juga tabungan.

Buat kamu yang ingin membuat rincian pembagian biaya hidup, kamu bisa menerapkan perbandingan sebagai berikut: 50 persen untuk kebutuhan pokok bulanan, 30 persen untuk keinginan pribadi dan juga 20 persen untuk tabungan dan investasi.

2. Prioritaskan Kebutuhan Utama

Selain membuat rincian pembagian biaya hidup. Hal lain yang perlu kamu lakukan setelah menerima gaji bulanan adalah memprioritaskan semua kebutuhan utama terlebih dahulu. Seperti tagihan bulanan, biaya makan satu bulan dan juga utang-piutang.

Meski pengeluaran kebutuhan utama terlihat cukup besar. Namun, pengeluaran itu sudah mencakup biaya hidup satu bulan. Setelah semua kebutuhan utama terpenuhi, kamu bisa menyisakan beberapa persen gaji untuk tabungan atau investasi. 

3. Bersabar Sebelum Membeli Sesuatu

Ketika kamu ingin membeli suatu barang, ada baiknya kamu berpikir ulang, apakah kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut. Pertimbangkan juga keuntungan dan kerugian saat kamu membeli barang tersebut. 

Walaupun barang yang ingin kamu beli tidak terlalu mahal. Namun, perilaku belanja yang berlebihan dan berulang akan menjadi sumber pengeluaran yang besar. Oleh sebab itu, mulailah untuk menahan keinginan untuk membeli barang dengan tergesa-gesa.

4. Manfaatkan Diskon dan Promosi

Ketika kamu ingin membeli barang, makan di restoran dan membeli tiket berlibur, usahakan barang yang ingin kamu kamu mempunyai promo tertentu. Seperti diskon atau cashback. Dengan adanya promo, kamu tetap bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan dengan harga yang lebih murah.

Bila memang diperlukan, kamu bisa mendaftar keanggotaan untuk menerima promosi dari toko yang menyediakan barang yang kamu inginkan. Namun, dalam memilih kartu keanggotaan, usahakan yang bebas biaya, agar kamu tidak dikenakan biaya tambahan.

5. Buat Laporan Keuangan

Agar keuanganmu teratur, catat semua pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan. Meski sepele, dengan membiasakan diri untuk membuat laporan keuangan, kamu akan menghargai setiap uang yang kamu miliki.

6. Menabung dan Investasi

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa menabung menjadi hal wajib dalam menerapkan gaya hidup hemat. Dengan menabung, kamu bisa menyiapkan dana untuk masa tua setelah kamu pensiun. Tidak mau kan terus bekerja saat usiamu sudah tidak produktif lagi.

Selain menabung, kamu juga bisa melakukan investasi. Menabung memang berguna untuk menyiapkan dana di hari tua. Namun, dengan melakukan investasi, dana yang kamu investasikan bisa bertambah. Hal ini akan lebih menguntungkan daripada sekedar menabung uang di bank. 

Nah, buat kamu yang ingin memulai berinvestasi. Kamu bisa mulai dengan investasi obligasi yang tersedia di digibank by DBS. Sebab, saat ini DBS Indonesia memberikan penawaran cash reward hingga Rp. 4,5 juta buat para nasabahnya. 

Keunggulan Investasi Obligasi Ritel Indonesia dari digibank by DBS

Setelah kamu membaca ulasan di atas dan tergiur untuk memulai investasi obligasi ritel Indonesia. DBS Indonesia menawarkan beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini beberapa USP (Unique Selling Proposition) yang ditawarkan digibank by DBS.

1. Layanan Aplikasi Akses Penuh 24/7

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa melakukan penyetoran dana investasi dimana saja dan kapan saja. Tanpa harus datang ke kantor cabang DBS Indonesia.

2. Mendapatkan Imbalan Kupon Tetap 

Setiap bulannya, kamu akan mendapatkan pembayaran kupon pada tanggal yang sama. Jika kamu menggunakan produk SBR dan ST, perhitungannya menggunakan kupon floating rate with floor. Sedangkan produk SR dan ORI menggunakan fixed rate yang berlaku hingga tanggal jatuh tempo.

3. Investasi Mulai Rp. 1 Juta

Kamu tidak perlu khawatir jika penghasilanmu tidak begitu besar. Sebab investasi obligasi di digibank by DBS bisa dilakukan dengan dana hanya Rp. 1 juta saja.

4. Rendah Resiko

Sama halnya dengan investasi deposito, instrumen investasi obligasi ritel Indonesia juga mempunyai resiko yang rendah. Namun, keuntungan obligasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito.

Dengan melakukan investasi obligasi ritel Indonesia akan membuatmu satu langkah lebih maju dalam menyiapkan keuangan yang stabil demi menyongsong masa depan yang lebih cerah. Selain itu dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa melakukan setoran investasi dimana saja dan kapan saja.

***

Sumber:

https://www.ekrut.com/media/6-cara-jitu-menghemat-uang-demi-masa-depan

https://www.cermati.com/artikel/8-tips-mengatur-gaji-untuk-masa-depan-cerah

 


0 Tanggapan untuk "Tips Menghemat Uang untuk Masa Depan, Salah Satunya Kenali Obligasi Ritel Indonesia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel