Sifat Wajib Allah yang Harus Diketahui - Cuma Berbagi

Sifat Wajib Allah yang Harus Diketahui

Sifat Wajib Allah yang Harus Diketahui
(Image source: pixabay)

Seperti yang kita ketahui bahwa Allah Subhana wa Ta’la memiliki 20 sifat wajib. Yang mana, sifat wajib Allah ini mencerminkan keagungan dan kesempurnaan Allah yang tidak akan dimiliki oleh selain Allah. 

Dengan mengetahui dan memahami sifat wajib Allah akan meningkatkan keimanan kita kepada Allah Subhana wa Ta’ala. 

Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang beberapa sifat wajib Allah dan artinya sebagai berikut :

1. Qudrat (Berkuasa)

Sifat wajib Allah yang pertama adalah Qudratyang artinya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu dan tidak ada yang bisa menandingi kekuasaan Allah Subhana wa Ta’ala. Dalam hal ini, Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.” (QS. Al-Baqarah : 20). 

2. Iradat (Berkehendak)

Sifat wajib Allah selanjutnya adalah Iradat yang artinya Allah berkehendak atas segala suatu. Maka dari itu, semua peristiwa yang terjadi di dunia ini adalah kehendak Allah Subhana wa Ta’ala. Jika Allah berkehendak, maka jadilah dan tidak akan ada seorangpun yang bisa mencegah-Nya. 

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

“Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sesungguhnya Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap doa yang Dia kehendaki.” (QS. Hud : 107). 

“Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya : “Jadilah!” maka terjadilan ia.” (QS. Yasiin) : 82).

3. ‘Ilmun (Mengetahui)

Sifat wajib Allah lainnya adalah ‘Ilmun. Allah memiliki sifat ‘Imun artinya Allah mengetahui atas segala seuatu baik yang nampak maupun yang tidak nampak.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

“Dan sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya,” (QS. Qaf : 16). 

4. Hayat (Hidup)

Allah Subhana wa Ta’ala memiliki sifat Hayat artinya Allah Maha Hidup, tidak akan pernah mati, binasa, ataupun musnah. Dia kekal selamanya. 

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

“Dan bertakwalah kepada Allah yang hidup (kekal) yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya.” (QS. Al-Furqon : 58). 

5. Sama’ (Mendengar)

Allah memiliki sifat Sama’ artinya Allah Subhana wa Ta’ala Maha Mendengar apa yang diucapkan hambanya baik yang diucapkan maupun yang disembunyikan. Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

“Dan Allah-lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (QS. Al-Maidah : 76). 

5. Bashar (Melihat)

Bahar artinya Allah Maha melihat segala sesuatu. Semua peristiwa yang ada di dunia ini tidak ada yang luput dari penglihatan Allah Subhana wa Ta’ala. Karena penglihatan Allah ini tidak terbatas.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

“Dan Allah melihat atas apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Hujurat): 18)

“Dan sesungguhnya perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buah dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.” (QS. Al-Baqarah : 265).

6. Qalam (Berfirman)

Sifat wajib Allah berikutnya adalah Qalam yang artinya Allah berfirman melalui kitab-kitab yang diturunkan melalui perantara para Nabi dan Rasul. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran sebagai berikut :

“Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya,” (QS. Al-A’raf : 143). 


0 Tanggapan untuk " Sifat Wajib Allah yang Harus Diketahui "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel